by

Tim KKN UBB Desa Air Jukung dan Mantung, Kerja Keras Wujudkan Impian Warga untuk Kembangkan Hutan Mangrove Jadi Ekowisata

Belinyu, Swakarya.com. Salah satu wujud pengaplikasian Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Tim KKN UBB Desa Air Jukung dan Mantung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka yang beranggotakan 30 mahasiswa, memiliki program utama yaitu pengembangan Ekowisata Hutan Mangrove.

Dalam menjalankan program kerjanya ini, mereka melihatkan berbagai elemen masyarakat setempat, seperti kelompok nelayan, kelompok sadar wisata, dan pemuda-pemudi desa.

Masyarakat pun menaruh harapan besar terhadap mahasiswa KKN ini agar dapat mewujudkan impian mereka selama ini untuk mengembangkan potensi hutan mangrove menjadi salah satu objek pariwisata unggulan berbasis ekowisata.

Lurah Air Jukung, Helsiana sangat mendukung program kerja yang digagas oleh mahasiswa KKN UBB. Ia pun berharap, dengan kehadiran para mahasiswa KKN dapat membantu mewujudkan keinginan masyarakat yang selama ini belum terwujud, yaitu mengembangkan hutan mangrove menjadi Ekowisata.

Masyarakat sekitar pun nampak antusias dalam mewujudkan impiannya selama ini, terbukti tak sedikit dari mereka yang rela meluangkan paruh waktu kerjanya untuk membantu mahasiswa KKN dalam membuat wisata mangrove.

“Objek wisata ini diharapkan dapat menjadi terobosan dan contoh ekowisata yang unggul dibandingkan objek pariwisata mangrove yang pernah ada sebelumnya,” harap Helsiana yang diterima redaksi Swakarya.com, Selasa (16/07).

Pembuatan objek pariwisata ini ditargetkan selesai sebelum masa KKN berakhir 40 hari kedepan.

Giandi selaku Ketua KKN UBB di Desa Air Jukung dan Mantung sangat mengharapkan kerjasama dari masyarakat untuk pembangunan pariwisata ini.

“Jika objek wisata sudah terbentuk, masyarakat dapat melanjutkan dan melakukan perawatan demi terwujudnya objek pariwisata mangrove berbasis ekowisata,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terkait