by

KKNT UBB di Desa Permis-Rajik, Basel Upayakan Pengembangan SDM



Permis, Swakarya.com. Mahasiswa KKN-T Universitas Bangka Belitung (UBB) 2021 Desa Permis dan rajik Gelar sosialisasi pengembangan potensi wisata yang bertema “Sosialisasi Pengembangan Potensi wisata Dalam Meningkatkan Kualitas SDM dan Dampak Pertumbuhan Ekonomi di Desa Rajik dan Desa Permis.

Mahasiswa KKN Tematik UBB Desa Permis dan Rajik mengadakan sosialisasi potensi wisata desa dengan sasaran kepada perangkat desa, kelompok Pokdarwis serta siswa-siswi di wilayah tersebut.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung serbaguna gegading banten Desa Rajik yang dihadiri oleh bapak Muhammad Ikbal,S.STP selaku pemateri dalam kegiatan sosialisasi ini yang berasal dari plt Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan sebagai bentuk untuk mengembangkan potensi wisata melalui sosialisasi agar dapat meningkatkan atau mengkreasikan potensi-potensi wisata yang ada di Desa pada kamis(21/10) pagi.


Sebagaimana disampaikan oleh narasumber yaitu bapak Muhammad Ikbal,S.STP yaitu untuk mewujudkan potensi wisata dan menerapkan sikap sadar wisata dan Sapta pesona sebagai dukungan peran serta masyarakat atau peran serta masyarakat sebagai tuan rumah destinasi yang berattitude untuk meningkatkan kualitas SDM.

“namun juga untuk menjaga alam sebagai warisan bagi generasi selanjutnya, Sadar Wisata dapat didefinisikan sebagai sebuah konsep yang menggambarkan partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu wilayah dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” katanya.

“Sapta Pesona merupakan jabaran konsep Sadar Wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata melalui perwujudan tujuh unsur dalam Sapta Pesona tersebut,” sambungnya.


Sementara itu, setelah pemaparan materi dari narasumber Tim KKNT UBB Desa Permis dan Rajik mengadakan doorprize yang telah mengikuti sosialisasi UMKM tersebut. Doorprize tersebut dibagikan langsung oleh ketua KKNT ubb 2021 desa permis dan rajik maupun narasumber.

“Perangkat desa yang mewakili Kepala Desa Permis menerangkan pihaknya mengucapkan terimakasih atas peran serta Mahasiswa KKNT UBB 2021 dalam rangkaian kegiatan sosialisasi ini karena dapat menumbuh motivasi untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desa,” tutupnya.***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait