by

Yuda dan Aca Wakili Babel di Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2019

Pangkalpinang, Swakarya.com – Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung memberikan plakat penghargaan kepada para pemenang Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung tahun 2019, Rabu sore (26/6/2019) di Ballroom Grand Vella Hotel, Pangkalpinang.

Pemenang kategori putra, yaitu Yuda Pratama (pemenang 1), Erik Maulidan (pemenang 2), Wawan Irawan (pemenang 3), A. Maalika Mulki (pemenang 4), dan Alvin Dwi Rahmawan (pemenang 5).

Adapun pemenang kategori putri, yaitu An’nisa Safitri (pemenang 1), Fifi (pemenang 2), Nurul Fitriana (pemenang 3), Nurul Lutfhi Aulia (pemenang 4) dan Risma Akbari (pemenang 5).

Yuda Pratama mengungkapkan rasa syukurnya karena mendapat kepercayaan sebagai Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019.

“Yuda mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukung dan mendoakan Yuda hingga saat ini. Keluarga, dosen, teman, sahabat dan seperadik semua yang tak bisa disebutkan satu-persatu,” ujarnya kepada Swakarya.com.

“Semoga kepercayaan ini menjadi amanah yang selalu membuat Yuda menjadi orang yang bertanggung jawab. Tegur Yuda kalau ada salah, beri masukan dan saran bila ada keliru dan doakan supaya bisa mengemban amanah ini dengan baik,” ujar mahasiswa IAIN SAS Babel ini.

Adapun pemenang 1 putri, An’nisa Safitri yang akrab disapa Aca, mahasiswi Farmasi di Universitas Indonesia itu meyakini bahwa menjadi seorang Duta Bahasa memikul beban yang berat untuk membantu mempromosikan penggunaan suatu bahasa pada situasi yang tepat.

“Kita harus mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing. Dalam hal ini, mengutamakan bahasa Indonesia bukan berarti kita menggeser posisi bahasa daerah kita, namun kita harus tahu kapan penggunaan bahasa tersebut, misalkan ketika kita berada di ruang publik, kita harus mengutamakan bahasa Indonesia, namun ketika kita bermain bersama teman, kita bisa menggunakan bahasa daerah ataupun bahasa gaul,” terangnya.

“Teman-teman finalis duta bahasa memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berbahasa namun tidak sombong dan tetap rendah hati. Saya sangat bersyukur terhadap setiap detik napas yang saya habiskan bersama kalian. Maju terus teman-teman. Kalian adalah putra putri pilihan provinsi ini,” tutupnya.

Para finalis yang terpilih sebagai Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019 kembali akan bertanding memperebutkan gelar Duta Bahasa di tingkat nasional pada bulan Agustus mendatang.

Penulis: Ryannico

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terkait