oleh

Ikatan Duta Bahasa Babel, Perkuat Pemahaman Literasi Anak Panti Melalui Program Dubas Berkelakar

*Menginspirasi anak-anak Panti Asuhan Al-Ikhlas untuk menanggapi impian dengan perkuat pemahaman literasi

Pangkalpinang, Swakarya.com-Salah satu bentuk kepedulian terhadap kemajuan literasi di Bangka Belitung (Babel) yang merupakan ujung tombak masa depan bangsa.

Ikatan Duta Bahasa Kepulauan Bangka Belitung (IDUBASBABEL) 2019 melaksanakan program Duta Bahasa Berdedikasi Langsung Mengajar (Dubas Berkelakar) di Panti Asuhan Al-Ikhlas, Pangkalpinang, Minggu (7/7/2019) lalu.

“Program yang di kemas dalam Dubas Berkelakar, yaitu para duta bahasa menjadi relawan literasi untuk memberikan wawasan dan pengalaman terkait literasi,” ucap Yuda Pratama pemenang juara I Duta Bahasa 2019 sekaligus penanggung jawab kegiatan kepada Swakarya.com.

Para finalis duta bahasa pada kesempatan itu juga memotivasi dan menginspirasi para anak yatim untuk menjadi Duta Bahasa.

Selain itu, mereka juga berbagi cerita inspiratif untuk mengajak anak-anak panti asuhan mulai merangka mimpi dan menggapai cita-cita.

“Seluruh kegiatan kami rangkai dengan aktivitas yang menarik dan menyenangkan. Kegiatan yang memotivasi melalui interaksi secara langsung seperti membaca dongeng, bercerita dalam bahasa daerah, pengenalan bahasa baku dan padanan kata, bermain permainan tradisional dan bermain tebak-tebakan,” tuturnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan memberikan bingkisan hadiah berupa alat tulis, buku cerita dan dongeng serta makanan ringan untuk menghibur dan meningkatkan minat baca dan tulis anak-anak.

“Bantuan diberikan sebagai bentuk komitmen kami dalam memajukan literasi. Kedepannya akan kami laksanakan kembali kegiatan Dubas Berkelakar di berbagai tempat lainnya,” pungkasnya.

Penulis : Ryannico

Editor : Tahir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait