Unik! Keluarga Besar Karang Taruna Desa Banggai Memperingati HUT RI ke-74 di Gua Liangkalolai

Gua Liangkalolai dipercaya sebagai persinggahan mandinya para bidadari dari langit

Banggai, Swakarya.com. Banyak pilihan yang unik dalam hal memperingati hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 tahun, salah satunya seperti yang dilakukan oleh keluarga besar Karang Taruna Desa Banggai. Mereka lebih memilih gua liangkalolai sebagai lokasi pengibaran bendera merah putih.

Ketua Karang Taruna Desa Banggai, La Ode Faisal S.Pd mengungkapkan alasan mereka memilih Liangkalolai sebagai tempat mengibarkan bendera pusaka.

“Liangkalolai merupakan destinasi wisata baru yang harus dikembangkan dan mesti mendapatkan perhatikan serius baik itu pemerintah daerah maupun pemerintah desa,”. tuturnya kepada Swakarya.com.

Selain itu, tujuan memilih Liangkalolai untuk mengibarkan bendera merah putih adalah agar generasi muda khususnya di Desa Banggai bangga bahwa Liangkalolai itu indah, dan tak kalah dengan destinasi wisata lain, hanya saja kurang terkenal.

“Selain itu liangkalolai juga memiliki legenda cerita yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai persinggahan mandi-mandinya para bidadari dari langit  sebagaimana dikisah kan oleh La Weda (Amahuka) menikahi bidadari dan itu buktikan dengan ada Air jernih yang tempatnya sangat tinggi dan tersembunyi layaknya sebuah kolam dalam gua tersebut,” ungakapnya.

Alumni FKIP UHO tersebut menitipkan sebuah harapan kepada generasi muda dan masyarakat setempat agar kiranya terus masifkan promosi Liangkalolai.

“Jadi disini kita butuh kerja sama semua pihak baik itu kalangan generasi muda dan masyarakat desa Banggai  untuk menjaga kelestarian & mengenalkannya kepada masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Muna,” tutupnya.

Penulis : Tahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait