SDM Unggul, Sektor Swasta Juga Harus Ikut Tanggung Jawab

Jakarta, Swakarya.Com. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 Tahun yang mengangkat tema SDM unggul Indonesia Maju. Untuk itu, mengenai tema tersebut Imanta Ginting angkat bicara mengenai persoalan tersebut.

Menurut Imanta, ketersedian Sumber Daya Manusia Indonesia yang Unggul adalah keharusan, mengingat perkembangan Peradaban yang saling kejar kejaran dengan Teknologi.

“Saat ini hampir tidak ada lagi dari aktifitas keseharian manusia di muka bumi ini yang benar-benar lepas dari Teknologi dengan segala macam Kemajuannya,” tuturnya selaku Sekretaris Jokowi Center Kordinator Nasional.

Untuk mengatasi kesenjangan kualitas SDM Indonesia saat ini dibandingkan Kemajuan Teknologi Global, dituntut semua pihak harus ikut terlibat dan bekerja sama kita tidak bisa hanya diam dan menyerahkan kepada Pemerintah, Pihak Swasta dan para Pengusaha tidak boleh hanya menuntut Pemerintah menyediakan SDM Indonesia yang Unggul dengan kompetensi yang relevant.

“Tapi Pengusaha juga harus ikut mendukung dan menyediakan Pelatihan, Pembinaan dan Dukungan Riset/ Penelitian baik dilaksanakan sendiri atau bekerjasama dengan lembaga yang terkait, karna langkah persiapan kedunia kerja bagi generasi muda lebih awal akan menambah kompetensi dan daya saing dalam merebut pasar kerja baik lokal maupun global,” tungkasnya.

“Sedapat dapatnya penggunaan Dana R&D dan CSR perusahaan harus relevant dan menyentuh Peningkatan Mutu SDM Indonesia sehingga Perusahaan memperoleh Tenaga Kerja yang Kompatibel dan berkompetensi yang sesuai kebutuhannya tanpa harus mendatangkan tenaga dari Luar Negeri,” tambahnya.

Penulis : Tahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait