by

Staf Khusus Presiden AminudDin Ma’ruf Hadiri Vaksinasi Merdeka di UBB, Ini Kata Kapolda Babel!


Merawang, Swakarya.Com. Dalam upaya mewujudkan herd immunity dan realisasi kuliah tatap muka, Universitas Bangka Belitung (UBB) bergerak cepat merespon program Vaksinasi Merdeka yang sedang digeliatkan oleh Pemerintah Pusat melalui Staf Khusus Presiden yang bekerja sama dengan Polisi Republik Indonesia.


Pada Rabu (15/09), yang dimulai dari pukul 07.30 WIB, Satgas Covid UBB bersama dengan BEM KM UBB, Polda Bangka Belitung, Polres Bangka serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melaksanakan program vaksinasi merdeka tersebut di Halaman Gedung Timah 1 Kampus Terpadu UBB. Tercatat, sekitar 1000 orang, yang terdiri dari mahasiswa UBB, mahasiswa luar UBB dan warga umum yang berhasil divaksin.


Vaksinasi ini dihadiri langsung oleh Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Aminuddin Ma’ruf, Kapolda Bangka Belitung Irjen. Pol. Drs. Anang Syarif Hidayat, Kapolres Kabupaten Bangka AKBP Widi Haryawan, S.I.K, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr. Then Suyanti, M.M, serta turut dipantau oleh pimpinan UBB, Rektor dan para Wakil Rektor, dan juga Presiden Mahasiswa UBB.


Aminudin Ma’ruf mengucapkan terima kasih secara khusus kepada UBB yang sudah menjadi tuan rumah di program vaksinasi merdeka ini. Beliau juga mengatakan, salah satu target dari program vaksinasi merdeka ini adalah tercapainya kuota 250.000 mahasiswa yang divaksin, yang berasal dari berbagai kampus di 34 Provinsi.


“Per hari ini, program vaksinasi merdeka sudah mencapai 281.350 dosis yang diberikan kepada santri dan keluarga pondok pesantren. Kemudian ada 23.200 dosis yang diberikan kepada adek dan teman-teman mahasiswa di berbagai kampus, mencakup 34 Provinsi,” ungkap Aminudin.


“Kami targetkan ke depan mudah-mudahan ada 1 juta santri dan pengasuh/pengajar pondok pesantren yang kita vaksinasi melalui kerja sama antara Stafsus Presiden dengan Kepolisian Negara RI. Dan kedepannya kita targetkan 250.000 mahasisswa yang akan menerima vaksinasi merdeka ini,” tambahnya.


Sementara itu, pada kesempatan ini Kapolda Bangka Belitung (Babel) Irjen. Pol. Drs. Anang Syarif Hidayat menekankan bahwa ke depannya perlu keterlibatan pihak Partai Politik dan Organisasi-organisasi kemasyarakat dalam mempercepat pencapaian target pemerintah dalam hal vaksinasi Covid-19 ini.

“Untuk para pengurus Partai Politik silahkan berkampanye sambil menyelenggarakan program vaksinasi untuk masyarakat,” ucap Kapolda Babel.


Di sisi lain, Irjen. Pol. Drs. Anang Syarif Hidayat juga mengungkapkan persentasi pencapaian vaksinasi di Bangka Belitung sejauh ini.

“Saat ini persentasi pencapaian vaksinasi se-Bangka Belitung adalah 37,19%. Yang paling tinggi pencapaiannya di Pangkalpinang, yakni 53,74%. Disusul Kabupaten Belitung dengan persentase 45,51%. Sementara di Kabupaten Bangka sendiri mencapai 37,19% dengan target kita sampai akhir bulan ini bisa mencapai 40% vaksinasi,” pungkasnya.

Rektor UBB, Dr. Ibrahim, M.Si. memberikan statement bahwa vaksinasi yang diselenggarakan hari Rabu tersebut merupakan vaksinasi terbesar di UBB jika dilihat dari sisi kuota yang disediakan, di mana sebelumnya yang tertinggi dalam satu gelombang itu hanya 300 kuota. Menurut Beliau juga, vaksinasi ini adalah langkah awal untuk mendorong herd immunity dan kuliah tatap muka secara terbatas.

“Dari Civitas UBB yang berjumlah sekitar 7000, sekitar 1500 yang sudah divaksin di UBB. Meskipun saya yakin sebetulnya jumlah Civitas kita yang sudah divaksin lebih dari itu, karena kan mereka tersebar di berbagai titik, sehingga besar kemungkinan mereka juga telah divaksin di daerah mereka masing-masing,” ucap Ibrahim.***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait