Bersama Karang Taruna, Tim KKN UBB Gotong-royong Bersihkan Sungai Pemandian Umum Desa Sempan

*Ubah pola pikir masyarakat akan pentingnya kebersihan

Sempan, Swakarya.com. Kerumunan mahasiswa yang memakai baju biru bertuliskan “KKN 2019” nampak sibuk dengan parang, sapu, dan cangkul.

Bunyi mesin rumput juga terdengar di pinggir sungai yang biasa digunakan oleh warga setempat sebagai tempat pemandian dan juga untuk mencuci pakaian.

Usut punya usut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik-14 Universitas Bangka Belitung (UBB) bersama dengan pemuda Karang Taruna Desa Sempan melakukan gotong-royong membersihkan sungai pemandian umum yang ada di Desa Sempan.

Tim KKN Tematik-14 UBB angkatan 14 tahun 2019 yang dilokasikan di Desa Sempan dengan jumlah 30 mahasiswa, bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Sempan bersinergi dalam membangun kebersihan sungai pemandian desa.

Mahasiswa bersama Karang Taruna pada Selasa pagi (16/07) dimulai pukul 8.30 wib, bahu membahu membersihkan sungai pemandian warga sekitar.

Ketua KKN Tematik 2019 Desa Sempan, Yopan Pratama dan Wakil Ketuaa Karang Taruna Desa Sempan menerangkan, bahwa dengan adanya bersih-bersih di sungai pemandian ini diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat akan pentingnya kebersihan.

”Saya selaku Ketua KKN Tematik-14 desa Sempan, mengucapkan terimakasih banyak atas antusiasnya warga dan juga bantuan dari teman-teman Karang Taruna Desa Sempan, saya harap kegiatan gotong-royong ini kedepannya akan terus dilakukan guna menjadikan warga desa sempan sebagai masyarakat yang memiliki pola pikir akan pentingnya kebersihan,” kata Yopan yanh diterima redaksi Swakarya.com, Rabu siang (17/07).

Program ini bukanlah proker utama dari tim KKN Tematik-14 UBB, tapi program ini masuk dalam program Revolusi Mental (RM). Kendati demikian, KKN Tematik-14 UBB tetap merasa kegiatan ini sangatlah penting, karena dengan adanya kegiatan seperti ini bisa membantu membersihkan sungai pemandian warga.

“Dan juga tidak kalah pentingnya adalah bisa meningkatkan keakraban dengan warga sekitar,” pungkasnya.

Penulis: Tim Dokumentasi dan Publikasi KKN Tematik-14 UBB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait