oleh

346 Mahasiswa UBB Adu Kecerdasan di Seleksi ON MIPA-PT 2020

Merawang, Swakarya.Com. Universitas Bangka Belitung (UBB) melaksanakan seleksi tahap I tingkat universitas dalam rangka pelaksanaan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tahun 2020, bertempat di Gedung Darma Penelitian Fakultas Teknik, Kampus Terpadu UBB, Kamis (20/02) pagi.

Seleksi ON MIPA 2020 tingkat Perguruan Tinggi secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor I UBB, Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., bertempat di ruang rapat Gedung Babel IV, Kampus Terpadu UBB sebelum pelaksanaa seleksi dimulai.

Ketua Pelaksana, Hesty, SPd., MPd., dalam laporan kegiatan menyampaikan, peserta yang mendaftar ON MIPA Tahun 2020 tercatat sebanyak 346 Mahasiswa UBB dari empat fakultas yang terbagi menjadi empat bidang, yaitu Biologi diikuti 185 orang, Fisika 33 orang, Matematika 102 orang, dan Kimia 26 orang.

Ia juga menyampaikan hasil seleksi ON MIPA tingkat universitas akan langsung diumumkan hari itu juga pada acara penutupan di jam 15.30 WIB.

“Kegiatan ini tidak lain untuk menunjang dan meningkatkan motivasi dari pada mahasiswa dalam bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam,” ujar Hesty.

Kegiatan ON MIPA di lingkungan UBB ini rutin dilaksanakan, dan di tahun 2020 jumlah peserta yang mendaftar terdapat peningkatan yang sangat signifikan yaitu sebesar 50,6 % (346 peserta), dibandingkan tahun 2019 jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 184 peserta.

Jadi Poin Peningkatan Akreditasi Jurusan dan Perguruan Tinggi

Wakil Rektor I UBB, Dr. Nizwan Zukhri, SE., MM., dalam pembukaan acara tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu penyumbang prestasi mahasiswa, yang bisa menjadi pemeringkatan dan peningkatan akreditasi di Jurusan maupun Perguruan Tinggi.

Menurutnya, peserta yang mengikuti seleksi ON MIPA tahun ini mengalami peningkatan yang luar biasa, bahkan tidak hanya diikuti peserta dari bidang MIPA saja namun dari bidang Soshum pun ada yang mendaftar.

“Ini peningkatan yang luar biasa, harapannya bukan hanya peningkatan dari segi jumlah atau kuantitas saja, tetapi juga dari segi kualitas,” tuturnya.

Lebih lanjut Nizwan menyampaikan ke depan dari berbagai kegiatan mahasiswa untuk peningkatan prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional tidak lagi bersifat formalitas saja, namun lebih ditingkatkan lagi dari segi bimbingan, pembinaan dan pelatihan secara intensif kepada mahasiswa yang berprestasi tersebut.

“Harapannya kedepan agar lebih ditingkatkan masalah pembinaan ini, apalagi sekarang sudah ada jurusam MIPA di kita dan harus benar-benar disiapkan,” pungkas Nizwan.

Pemenang dari tiap bidang nantinya, akan mendapatkan pelatihan atau pendampingan dari masing-masing pembimbing sebelum mengikuti seleksi tingkat regional. (Rls/Ags/Humas)

banner 600250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait