oleh

Gubernur Erzaldi Minta Pendamping Desa Mampu Berdayakan Sumber Daya Lokal

Pangkalpinang, Swakarya.Com. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman minta para pendamping desa se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mampu memberdayakan sumber daya lokal dengan menginvestasikan dana APBDes untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hal ini disampaikan Gubernur Erzaldi ketika menghadiri rapat koordinasi Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan tema ‘Membangun Indonesia dari Desa’ bertempat di Ruang Mahligai Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Senin (2/11/2020)

Gubernur Babel Erzaldi menyampaikan niat pemerintah untuk menggelontorkan dana desa ini bertujuan untuk memajukan dan meningkatkan kinerja desa tersebut. Jika dana desa tidak bisa memberikan dampak kepada desa secara berkelanjutan maka, para pendamping desa perlu bekerja lebih keras.

Baca Juga: Gas LPG Subsidi 3 Kg Langka, Masyarakat pertanyakan Sikap Pemerintah

Dana desa diberikan agar ekonomi masyarakat desa dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa. Untuk meningkatkan pemahaman para pendamping desa, secara atraktif Gubernur Erzaldi melakukan komunikasi terbuka dengan para pendamping desa.

“Sekarang kan harapan kita adalah menurunkan angka stunting anak. Nah, para pendamping desa harus mengurangi angka stunting dengan menggunakan sumber daya desa yang ada, misalnya sumber daya desa yang ada adalah teri, kita beli teri pakai dana desa untuk bantu program menurunkan angka stunting anak sekaligus, meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” ungkapnya.

Investasikan dana desa demi keberlangsungan ekonomi masyarakat. Jangan terlalu banyak gunakan uang negara untuk melaksanakan proyek-proyek yang tidak meningkatkan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan seperti pembangunan sarana olahraga secara terus menerus.

Baca Juga: Gubernur Erzaldi dan KNPI Babel Tenggelamkan Terumbu Karang Berbentuk Covid-19

“Boleh membangun infrastruktur desa, tapi harus yang dipikirkan manfaatnya. Jangan bangun lapangan bola sebesar stadion jika faktanya lapangan bola tidak pernah di gunakan,” tambah Gubernur Erzaldi.

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Plt. Kepala Dinas DPMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Koordinator TPPI Provinsi Kepulauan Babel, dan para pendamping desa se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kepulauan Babel, Yulizar Adnan berharap dengan ada rapat koordinasi ini, pendamping desa dapat membuat rancangan tugas kita ke depan sehingga, bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: Pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Gubernur Erzaldi Ajak Seluruh Kalangan Satukan Visi Majukan Babel

“Yakinlah ekonomi masyarakat desa akan hebat jika mendapatkan pendampingan desa yang kuat,” tutup Gubernur Erzaldi.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait