Wisata Embung Bumang Desa Kemuja, Menyimpan Banyak Peluang Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Swakarya.Com. Universitas Bangka Belitung melalui Himpunan Mahasiswa Ekonomi (HIMIKO) berhasil luluss dan mengemban amanah dalam kegiatan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Capaian Prestasi tersebut dilaksanakan di Desa Kemuja Kelurahan Kemuja Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mengambil tema “Pengembangan Wisata Embung Bumang Desa Kemuja untuk Dijadikan Tempat Rekreasi” dengan estimasi kegiatan mulai di bulan Juli-Desember 2022.


Kegiatan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2022 diketuai oleh Aldiat Noverza yang sekaligus Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung.

“Harapan dengan terselenggaranya kegiatan ini adalah masyarakat menjadi memahami dan merawat potensi yang ada di Embung Bumang Desa Kemuja yang nanti nya dapat menjadi Ekowisata sebagai pendorong kehidupan ekonomi masyarakat Desa Kemuja” ujar Tiara Fitari, S.E., MBA selaku Pembimbing PPK Ormawa HIMIKO 2022.


“Di dalam proposal kami menawarkan beberapa program yang diantaranya ada lahan piknik, ornamen taman, ayunan dll” ujar Aldiat Noverza.

Program Bertempat di Kantor Desa Kemuja (9/9/2022), dilaksanakan presentasi dan sosialisasi program PPK Ormawa HIMIKO kepada pihak desa kemuja. Kegiatan ini dipandu langsung oleh dosen pendamping PPK Ormawa HIMIKO yang dihadiri oleh seluruh perangkat desa.


“Program yang sedang berlangsung merupakan pendanaan hibah dari Kemendikbud Ristek dalam lingkup pemberdayaan masyarakat, yang harapannya masyarakat dapat turut membersamai dan mendukung Himpunan Mahasiswa Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung” sambung Aldiat Noverza dengan antusias dan penuh harapan.

Ditambahkan dia kalau Respon masyarakat sangatlah baik, antusias masyarakat dalam mengikuti sosialiasi yang tinggi menciptakan output yang besar bagi tim pelaksana, karena melalui sosialisasi ini mahasiswa belajar cara beradaptasi dan bersosial dalam masyarakat.

Kemudian kegiatan pemerataan lahan dengan pemangkasan rumput liar di lokasi lahan piknik di Embung Bumang Desa Kemuja dilaksanakan pada (24-25/9/2022).

Dengan alat yang terbatas, pemerataan lahan dengan pemangkasan rumput liar di lokasi lahan piknik ini dilakukan secara bergiliran antara panitia-panitia PPK Ormawa HIMIKO dan masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait