by

Wabup Bangka Buka Pelatihan Kebersihan Lingkungan Sanitasi dan Pengelolaan Sampah Destinasi Pariwisata

Bangka, Swakarya.Com. Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin membuka kegiatan pelatihan kebersihan lingkungan sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi pariwisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka diruang pertemuan Novilla Hotel Sungailiat, Selasa (05/10).

Pada kesempatan tersebut, Wabup mengatakan, destinasi pariwisata menjadi industri jasa yang memberikan kontribusi bagi perekonomian dunia hingga peningkatan kesejahteraan ekonomi ditingkat masyarakat lokal.

Namun untuk mencapai kegiatan ekonomi dan pengembangan budaya bangsa tentunya diperlukan target dan peningkatan pada pilar daya saing.

“Pelatihan ini bertujuan memberikan pembelajaran secara praktis dalam waktu yang relatif singkat oleh seseorang ahli. Seperti pemahaman, keterampilan, pengetahuan maupun sikap dan nilai yang benar dalam bidang pariwisata, terutama sarana dan prasarana,” katanya.

Dikatakannya, kegiatan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 40 orang peserta dari pelaku usaha destinasi pariwisata yang ada diwilayah Kabupaten Bangka dengan harapan dapat menambah daya tarik dan mampu mengembangkan sikap melayani, bersama-sama menjaga citra destinasi wisata yang baik.

“Bahkan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan kompetisi, minimal sesuai kebutuhan di lapangan dengan arahan secara bertahap,” harapnya.

Selain itu, pada pelatihan ini difokuskan pada sektor yang segera dikembangkan dan ditingkatkan kualitas layanannya. Karena ini akan membawa dampak secara langsung terhadap pengembangan pariwisata.

“Peserta yang terlatih ini tentunya harus memiliki kompetensi, minimal yang dibutuhkan sesuai jabatannya di destinasi pariwisata. Sehingga kedepan diharapkan dapat menjadi agen perubahan dan meneruskan pengetahuan kompetensi nya bagi masyarakat lainnya,” ujar Wabup Bangka,Syahbudin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Bangka, Arman Agus menambahkan pelatihan tersebut sebagai bentuk pembelajaran pada peningkatan kemampuan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) dibidang pariwisata.

“Semua peserta tersebut dari pelaku usaha destinasi wisata yang ada diwilayah Kabupaten Bangka. Jadi semua pelaku usaha yang bergerak dibidang destinasi wisata dan daya tarik wisata lainnya akan diikut sertakan pada pelatihan seperti ini,” katanya.

Penulis : Lio

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait