oleh

Teken Nota Kesepahaman, Sentra Gakkumdu Babel Siap Proses Tindak Pidana Pilkada di Wilayah Kecamatan Pangkalan Baru

Pangkalpinang, Swakarya.Com. Untuk menyamakan pemahaman dan pola penanganan dugaan tindak pidana Pemilihan 2020 yang terjadi di wilayah Kecamatan Pangkalan Baru, 3 institusi yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman.

Penandatanganan Nota Kesepahaman yang berlangsung di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Jumat, 25 September 2020, ditandatangani langsung oleh Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung I Made Suarnawan, dengan disaksikan langsung oleh Ketua Bawaslu RI Abhan.

Dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman tersebut, jika ada laporan terkait dugaan tindak pidana Pemilihan yang terjadi di wilayah Kecamatan Pangkalan Baru, laporan disampaikan kepada Bawaslu Provinsi.

Dalam hal temuan/laporan dugaan tindak pidana Pemilihan memenuhi unsur setelah dibahas di Sentra Gakkumdu Provinsi, perkara diteruskan ke tahap penyidikan dan diproses oleh Penyidik Polda.

Setelah berkas perkara diterima dan dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Tinggi, Penuntut Umum melimpahkan berkas perkara kepada Pengadilan Negeri Koba untuk diadili.

“Terkait dengan pelanggaran yang terjadi di Kecamatan Pangkalan Baru,
persidangan tetap di Pengadilan Negeri Koba, karena itu wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah, bukan di Pengadilan Negeri Pangkalpinang,” ujar Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepulauan Bangka Belitung, I Made Suarnawan saat menyampaikan sambutannya pada Deklarasi Pilkada Damai Serentak.

Pada kesempatan itu, Kajati juga mengimbau untuk sama-sama mengedukasi masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pada saat Pilkada.

Hal itu untuk mengantisipasi munculnya klaster baru jika penyelenggaraan Pilkada dilaksanakan tidak sesuai dengan protokol kesehatan.

“Mudah-mudahan pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan lancar dan aman. Kami akan mendorong dan mendukung untuk mewujudkan Pilkada aman, lancar, dan jurdil,” imbuhnya.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait