oleh

Semarak Menyambut Idul Adha 1441 H, Irmas Nurul Huda Parit Padang Gelar Pawai Obor Keliling Kampung

*Tamankan kembali kepada generasi milenial nilai budaya masyarakat Bangka Tempo Dulu yang mulai hilang ditelan zaman

Bangka, Swakarya.Com. Semarak menyambut Idul Adha 1441 H, Ikatan Remaja Masjid Nurul Huda Parit Padang, Sungailiat, gelar Pawai Obor Keliling di lingkungan Parit Padang, Kamis (30/7/2020) malam.

Pembina Remaja Masjid Parit Padang, Endang Kurniawan mengatakan, Pawai Obor Keliling merupakan kegiatan yang akan rutin dilaksanakan Irmas Nurul Huda Parit Padang dalam menyambut Peringatan Hari Besar Islam seperti Idul Adha.

Tujuannya sederhana, agar Generasi Milenial paham akan budaya Masyarakat Bangka dulu yang saat ini mulai hilang ditelan zaman.

Padahal kata Endang, dulu di usia remajanya, mereka semangat keliling kampung menggunakan obor dengan berjalan kaki sambil mengumandangkan takbiran.

Kegiatan Pawai Obor diikuti sebanyak 100 remaja di Kelurahan Parit Padang, yang berjalan dari Masjid Nurul Huda Parit Padang menuju Ujung Perbatasan Parit Padang sampai Simpang Pemda, sembari mengumandangkan takbiran.

Ketua Ikatan Masjid Nurul Huda Parit Padang, M. Fahrul Rozi mengatakan, kegiatan tersebut juga untuk menyemarakan Idul Adha 1441 H di tengah pandemi Covid-19.

“Tentu kegiatan tersebut mengacu Protokol Kesehatan Covid-19, anggota Irmas Nurul Huda Parit Padang diwajibkan untuk menggunakan makser dan menjaga jarak dalam upaya mencegah penularan mata rantai Covid 19,” ujarnya.

“Kita mau remaja sekarang untuk meluangkan waktunya ke masjid menyambut Idul Adha dengan takbiran, karena saya lihat hampir 80% masjid yang ada di sekitaran Sungailiat yang melaksanakan takbiran di masjid kebanyakan orang tua, tidak ada anak muda untuk bertakbir, mereka beranggapan lebih baik nongkorong dari pada bertakbir di masjid,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga disambut baik oleh Ketua Masjid Nurul Huda Parit Padang, H. Rahmad Dalu.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi contoh untuk remaja di Bangka Belitung dalam menyambut Idul Adha 1441 H,” tambahnya. (Mah)

Editor: Fakih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait