by

RKPD Kabupaten Sergai Fokuskan Pembangunan Infrastruktur Jalan

Sei Rampah, Swakarya.com, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, mengikuti rapat pemaparan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023, yang digelar di ruang rapat Bupati Sergai, Kompleks Kantor Bupati, Sei Rampah, Selasa (7/6/2022).

Ada beberapa pesan yang menjadi penekanan Bupati Sergai dalam rapat kali ini, utamanya terkait pembangunan infrastruktur di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Dirinya meminta semua kerja pembangunan harus seturut dan berdasarkan dengan RKPD Kabupaten Sergai. Darma Wijaya juga berharap kepada OPD terkait agar pada tahun 2024 target pembangunan infrastruktur di Sergai bisa tercapai, terutama fasilitas jalan.

Bang Wiwiek, sapaan akrabnya, menyebut dalam rencana pembangunan jalan, perlu dilakukan kajian yang mendetail, terkhusus pada aspek pondasi. 

“Ketika melakukan pembangunan jalan, bangunan pondasi harus diperhatikan karena banyak juga kendaraan yang lewat melebihi tonase. Akibanya jalan yang sudah kita bangun jadi cepat rusak. Jadi hal ini jadi salah satu yang akan menjadi perhatian bersama,” kata Bang Wiwiek.

Selain itu, Bupati juga ingin agar jalan desa bisa ditingkatkan statusnya menjadi jalan kabupaten agar Pemkab Sergai bisa terlibat langsung melakukan pembangunan, mengingat desa mungkin akan mengalami kesulitan dana dalam proses pembangunan jalan beraspal.

“Tapi di sini desa juga harus terlibat. Ajak desa untuk membangun jalan desanya dengan conblock, tentunya yang berkualitas. Kita dari Pemkab Sergai kemudian mengerjakan bagian hotmix-nya. Jadi antar jalan desa dan kabupaten itu terkoneksi infrastrukturnya. Juga terlihat bagaimana sinerginya berjalan dengan baik untuk mencapai kebaikan bersama,” ucap Bang Wiwiek lagi.

Selain jalan desa, dirinya juga berkeinginan mengambilalih jalan perkebunan agar bisa menjadi jalan kabupaten. Hal ini, kata Bupati, akibat adanya desa yang terisolir akibat buruknya fasilitas jalan. Dengan pengambilalihan ini, Darma Wijaya juga berharap infrastruktur jalan bisa terkoneksi dan bisa berdampak signifikan bagi masyarakat.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sergai Johan Sinaga, SE, MAP, menyebut pihaknya akan semaksimal mungkin melaksanakan pembangunan ruas jalan yang tersebar di 17 kecamatan se-Sergai.

“Pembangunan dan perbaikan tidak hanya menyasar jalan saja, namun juga jembatan dan irigasi,” terang Johan.

Hadir dalam pertemuan ini Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Staf Ahli, Asisten, dan Kepala OPD terkait. (Media Center Sergai).(Liberti)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terkait