Panen Perdana Ayam Potong Bersama Kelompok Terang Sejahtera Bukit Layang, Mulkan: Prospek Menjanjikan

Bangka, Swakarya.Com. Bupati Bangka, Mulkan melakukan panen perdana ayam potong milik Kelompok Terang Sejahtera Bukit di Dusun Cungfo, Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Jum’at (7/10).

Dalam laporannya, Kepala Desa Bukit Layang, Surono mengatakan, budidaya ayam potong (ayam ulu) merupakan salah satu bagian dari ketahanan pangan untuk desa tersebut.

Untuk itu kata dia, pemerintah Desa Bukit Layang mendukung program budidaya ayam potong (Ulu) yang dilakukan oleh Kelompok Terang Sejahtera Bukit Layang agar menjadi percontohan bagi desa lainnya.

Selain itu kata dia, untuk budidaya tersebut, Pemdes Bukit Layang mengeluarkan dana sebesar 38 juta untuk membeli bibit, kandang dan pakan.

“Program ketahanan pangan lewat budidaya ayam potong ini bukan yang pertama kalinya, akan tetapi budidaya lainnya di desa ini telah digalakkan sebelumnya seperti budidaya lele serta budidaya lainnya,” katanya.

Sementara, Bupati Bangka, Mulkan mengapresiasikan atas apa yang telah dilakukan kelompok budidaya ayam potong asal Desa Bukit Layang ini.

Karena menurut Mulkan, kegiatan tersebut dapat meningkatkan perekonomian di daerah ini, mengingat hingga saat ini, masyarakat Bangka masih ketergantungan dengan hasil tambang.

“Nah, dengan budidaya ini, ayam ulu ini dapat dijadikan salah satu alternatif sebagai ketahanan pangan bagi daerah ini,” katanya.

Menurut Mulkan, budidaya ayam potong ulu ini cukup menjanjikan. Pasalnya, dengan waktu 1,5 bulan, peternak budidaya ayam ulu ini sudah bisa memanen dan menjualnya ke pasaran.

“Dengan ini kita bisa mengundang para pelaku usaha dapat melakukan pembinaan di desa masing masing. Sehingga dengan pembinaan ini dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat daerah ini,” katanya.

Penulis : Lio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait