Kenang Jasa Tokoh Pejuang Pembentukan Provinsi, Pemkab Bangka Bangun Tugu Palu

Bangka, Swakarya.Com. Untuk mengenang jasa tokoh para pejuang pembentukan Provinsi Bangka Belitung, Pemerintah Kabupaten Bangka akan meresmikan Tugu Palu yang berada di pinggir ruas jalan raya Sungailiat-Pangkal Pinang, tepatnya dekat seputaran Pasar Kenanga, Sungailiat.

Akan hal tersebut, Bupati Bangka, Mulkan mengadakan pertemuan dengan sejumlah tokoh pejuang pembentukan Provinsi Babel di Warkop Kong Djie pada Minggu (08/02023) membahas terkait rencana peresmian Tugu Palu tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Mulkan mengatakan, monumen Tugu Palu tersebut dibangun tahun 2022 dan akan diresmikan pada tahun ini.

Bupati Bangka, Mulkan ngopi bareng Tokoh Pejuang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam peresemian nanti, kata dia, kegiatan akan diisi dengan sejumlah acara mulai dari pawai budaya hingga kegiatan lainnya.

“Dalam pertemuan ini, sudah dirembug membentuk panitia kecil dan kami serahkan ke Sekda Bangka, Andi Hudirman. Maka kami minta agar acara peresmian digarap dengan matang dan jangan hanya sekedar acara serimonial,” katanya.

Saat acara peresmian monumen Tugu Palu, sambungnya, akan mengundang tokoh-tokoh pejuang berdirinya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, baik yang ada di Bangka dan Belitung maupun yang ada di Jakarta.

“Kita juga akan mengundang tokoh-tokoh nasional yang sudah berjasa membantu berdirinya Provinsi Bangka Belitung, seperti Ketua DPR RI waktu itu, pak Akbar Tanjung, Ketua Panja DPR RI Panda Nababan dan tokoh-tokoh sentral yang lain,” katanya.

Ditambahkan dia, sebagai generasi penerus, sudah selayaknya daerah ini memberikan penghargaan kepada para pejuang Babel, dengan tujuan untuk menghargai jasa jasa para pejuang pembentukan Provinsi Babel.

“Seperti almarhum Eko Maulana Ali, yang pernah menjabat Bupati Bangka dan Gubernur Provinsi Bangka Belitung, yang mana kita ketahui pak Eko Maulana Ali ini merupakan salah satu tokoh pendobrak perjuangan pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” katanya.

Penulis : Lio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait