by

HUT Ke 11, KOMFOS Gelar Hunting Silaturahmi

Bangka, Swakarya.Com. Komunitas Fotografer Sungailiat (KOMFOS) menggelar silaturami dan hunting foto bersama di Pantai Mangkalo Sungailiat, Minggu (19/9).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka syukuran 11 tahun berdirinya komunitas fotografer yang berdomisili di Sungailiat tersebut.

Selain diikuti para anggota KOMFOS, hunting bareng juga diikuti sejumlah komunitas lainnya, yang turut meramaikan kegiatan, seperti diantaranya, Koper UBB, komunitas fotografer Polman (PJJ) dan para fotografer IAIN SAS Babel.

Ketua KOMFOS, Egan, Senin (20/9) menyampaikan, pertemuan tersebut digelar dalam rangka memperkuat sinergisitas serta keakraban antar anggota.

Menurut dia, ditengah pandemi covid saat ini, banyak aktifitas yang tertunda, sehingga kegiatan silaturahmi bersama jarang terlaksana.

Sebagian besar anggota, dikatakannya, juga sudah divaksin, sebagaimana imbauan pihaknya sebelum kegiatan dimulai.

“Selain hunting foto bersama, hari ini kita sekaligus perkenalan antara anggota yang baru dan lama. Jadi saling kenal dan meningkatkan keakraban serta kekompakan kedepannya,” jelasnya.

“Hunting kita lakukan juga dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19,” terusnya.

Dikatakan Egan, terbentuknya komunitas ini, satu di antaranya merupakan suatu upaya dalam mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Bangka.

Hal ini sehingga nantinya dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata di Bangka Belitung pada umumnya.

“Daerah kita ini memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik. Jadi dengan fotografi kita dapat memperkenalkannya tidak hanya secara lokal melainkan nasional bahkan dunia,” ujarnya.

Sementara itu, Sekjen KOMFOS, Rama menuturkan, hunting silaturahmi ini sendiri sangat penting dilakukan, terutama tentang bagaimana menumbuhkan rasa persaudaraan antar fotografer di Kota Sungailiat, khususnya dan Kabupaten Bangka pada umumnya.

Selain itu, melalui hunting silaturahmi juga semakin mempertegas keberadaan serta eksistensi KOMFOS sebagai komunitas fotografer di Sungailiat tetap ada hingga tahun ke 11 saat ini.

“Alhammdulillah, kegiatan berjalan lancar. Kali ini, KOMFOS hadir dengan kepengurusan baru, dengan diketuai saudara Egan Phedra yang memang penggiat seni fotografi, sejak lama,” katanya.

Rama menyebutkan, banyak hal yang ingin dilakukan KOMFOS kedepannya, seperti ikut serta membantu pemerintah daerah mempromosikan kearifan lokal, terutama begitu banyaknya aset wisata di Kabupaten Bangka yang belum terekspos sebelumnya.

Terhitung hingga usai, puluhan Fotografer, baik di daerah maupun luar daerah seperti Pangkalpinang dan sekitarnya ikut berpartisipasi dalam kegiatan hunting.

“Tentunya, masker kita tetap gunakan. Syarat hunting ini sendiri, kita tekankan ke kawan-kawan agar tetap jaga Prokes,” ucapnya.

“Kedepan, KOMFOS juga ingin bersinergi dengan pemerintah daerah (Pemda), tentang bagaimana kiat memberitahukan khalayak luar, begitu indahnya wisata pulau Bangka ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, satu di antara anggota kepungurusan KOMFOS sebelumnya, yang saat ini bertindak sebagai penasehat komunitas berpesan, agar para anggota dapat terus menjaga tali persaudaraan.

Pria yang akrab disapa Iksander ini berujar, hal ini harus terus dipelihara dengan baik. Terutama dalam merangkul para anggota baru dan para fotografer lainnya di luar komunitas.

“Ini tahun kesebelas, KOMFOS tetap jaya. Mudah-mudahan di kepengurusan kali ini, KOMFOS dapat lebih baik dari sebelumnya. Baik dari segi eksistensimya, juga dari kontribusinya untuk daerah,”katanya.

Penulis : Lio

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait