by

Gubernur Tinjau Jalan Produksi Pertanian Desa Tebing

Kelapa, Swakarya.Com. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melakukan kunjungan kerja ke Desa Tebing Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat dalam rangka peninjauan pembagunan jalan pertanian di desa tersebut, Rabu (30/06/2021).

Jalan pertanian ini mengunakan dana APBN perubahan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian mengalokasikan sejumlah dana untuk mendukung jalan usaha tani di beberapa tempat dengan maksud aktivitas pertanian di suatu tempat menjadi lancar.

“Saya ingin tahu jalan yang dibangun masyarakat ini seperti apa, karena ini menggunakan uang pemerintah. Jangan sampai jalan ini tidak sesuai harapan dan pengerjaannya dalam bentuk padat karya guna pemberdayaan masyarakat kita,” ungkapnya.

Gubernur Erzaldi mengatakan, tujuan dirinya meninjau jalan pertanian ini sekaligus untuk melihat kondisi persawahan di desa Tebing yang saat ini mulai panen.

Orang nomor satu di Babel menyayangkan persawahan di desa ini kurang bagus akibat beberapa penyebabnya, antara lain hama dan penyakit sehingga hasilnya belum mencapai target yaitu 5 ton per hektar.

“Hasil panen kali ini belum berhasil karena baru mencapai 2 ton per hektarnya, seharusnya 5 ton,” ujarnya.

Salah seorang petani setempat bernama Pani menyebutkan, persawahan di desa ini termasuk berhasil karena, persawahan di sini baru 2 tahun masa tanam.

“Selama ini dalam setahun hanya satu kali tanam, sekarang setahun sudah dua kali tanam, itu dinilai cukup berhasil,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian Babel, Juaidi membenarkan bahwa, jalan pertanian ini di bangun mengunakan dana APBN Tahun Anggaran 2020 yang dikerjakan swakelola oleh masyarakat dalam upaya memberdayakan masyarakat lokal.

“Kegiatan ini dilakukan secara swakelola oleh kelompok masyarakat dan panjang jalan pertanian dibatasi hanya sepanjang 1 km per kelompok,” ujar Kadis Pertanian.

Program jalan usaha tani ini baru di laksanakan di dua kabupaten yaitu Bangka Barat dan Bangka Selatan. Sebelum mengakhiri kegiatan ini menyerahkan bantuan berupa alat pertanian kepada ketua kelompok tani supaya, mempermudah kegiatan pertanian persawahan di tempat ini dan dilanjutkan dengan memantau jalan produksi pertanian.***

Penulis : Hasan. A. M.
Poto : Iyas Zi
Editor : Lisia Ayu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait