by

Diskominfo Akan Launching BabelProv Computer Security Incident Response Team (CSIRT)

Pangkalpinang, Swakarya.Com. DISKOMINFO Provinsi Bangka Belitung adakan rapat finalisasi terkait launching Tim Tanggap Insiden Keamanan Siber yang akan dihelat di Novotel pada tanggal 8 Juni 2021, (4/6) 2021.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dorong tiap provinsi untuk menerapkan program keamanan siber yang sampai saat ini sudah di terapkan di berbagai provinsi sebaran Indonesia.

Salah satu layanan Badan Siber dan Sandi Negara adalah Government- Computer Security Incident Response Team yang harapannya dapat mengoperasionalkan sistem mitigasi, manajemen krisis, penanggulangan, dan pemulihan terhadap insiden keamanan siber pada sektor pemerintah.

Direncanakan pada launching sistem ini akan di hadiri oleh Gubernur beserta jajaran, pihak BSSN yang disebutkan diwakili oleh Deputi bidang penanggulangan dan pemulihan, pak Yoseph Puguh Eko Setiawan dan beberapa kepala Dinas/Biro/Badan.

Kepala Dinas Diskominfo, pak Sudarman memimpin rapat finalisasi persiapan launching dengan memberikan arahan kepada seluruh pihak panitia kegiatan agar segera menyelesaikan teknis kegiatan.

“Dari apa yang direncakan tentu kami berharap mendapatkan output yang sesuai dengan misi project ini lalu setelah launching BabelProv CSIRT semoga dapat meningkatkan sistem keamanan informasi dan insiden yang dilakukan oleh hacker serta keamanan sistem yang lebih kuat lagi,” Pungkasnya.

Beberapa provinsi serta organisasi kepemerintahan yang terlihat sudah menerapkan sistem Gov-CSIRT arahan BSSN ini adalah JatimProv-CSIRT, SumbarProv-CSIRT, Edu CSIRT Kemendikbud, GorontaloProv-CSIRT, KepriProv-CSIRT, JabarProv-CSIRT, JatengProv-CSIRT, JogjaProv-CSIRT, NTBProv-CSIRT, KalselProv-CSIRT, SETNEG-CSIRT.

Penulis: Gafari

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait