by

Cegah Kebakaran, Lapas Sungailiat Gandeng PLN

Bangka, Swakarya.Com. Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sungailiat menggandeng PLN Ranting Bangka dan Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik (Konsuil) melakukan pemeriksaan Instalasi listrik.

Menurut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sungailiat, Zullaeni mengatakan, pihaknya sengaja menggandeng PLN Ranting Sungailiat dan Konsuil guna mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan seperti konseteling arus listrik.

“Ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti perintah Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM menyikapi musibah kebakaran yang menimpa Lapas Kelas I Tangerang agar tidak terulang di tempat kami,”jelasnya, Kamis (16/9) kemarin.

Dikatakannya, ketika peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang terjadi, beberapa hari yang lalu pun pihak lapas secara internal sudah melakukan pengecekan di lapangan guna mengantisipasi secara dini.

Bahkan kata dia, lewat kerjasama ini, pihak PLN dan Konsuil telah melakukan pemeriksaan terhadap jaringan listrik pada bagian luar dan meteran KWH serta bagian dalam area kantor dan blok hunian.

“Saat pemeriksaan dilakukan, ada beberapa item yang diganti seperti kabel, piting lampu serta panel panel listrik yang tidak layak pakai,” katanya.

Sementara, Bayu selaku tim pemeriksaan dari konsuil menyarakan agar instalasi listrik yang sudah berumur maksimal 15 tahun perlu adannya pemeliharaan instalasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penulis : Lio

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait