oleh

Belasan Rumah Warga Rebo Diterjang Angin Puting Beliung

Bangka, Swakarya.Com. Hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi pada Senin (10/2) sore tadi menyebabkan sejumlah rumah dan tempat ibadah di Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat rusak.

Dari pantauan, terdapat belasan rumah warga yang rusak akibat terjangan angin puting beliung yang membuat asbes rumah warga berserakan di sekitar lokasi kejadian.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, angin puting beliung terjadi saat Kota Sungailiat dan sekitarnya diguyur hujan deras disertai angin kencang dan petir pada Senin (10/2) sore sekitar pukul 14.45 WIB.

Angin kencang tiba-tiba menyapu belasan rumah warga yang berada di dekat Klenteng Jaya Bakti desa setempat.

Sebagian besar rumah warga yang terdampak mengalami rusak pada atap rumah.

Selang beberapa saat dari kejadian tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka bersama Laskar Sekaban tiba di lokasi melakukan pendataan dan membantu warga setempat membersihkan puing asbes yang berserakan di lokasi kejadian.

“Setelah mendapat informasi dari masyarakat setempat, kami bersama Tim Tagana, Laskar Sekaban langsung menuju lokasi kejadian,” kata Kepala BPBD Kabupaten Bangka, Ansori Muslim kepada wartawan Swakarya.Com.

Dikatakan Ansori, usai kejadian tersebut, pihaknya langsung melakukan pendataan terhadap rumah warga yang rusak akibat terjangan angin puting beliung.

“Data sementara, sekitar 14 unit rumah warga yang ada di desa Rebo yang atap rumahnya rusak akibat diterjang angin puting,” katanya.

Atas kejadian ini, Ansori memastikan tidak menyebabkan korban jiwa dan besarnya kerugian materil warga yang terdampak masih dalam pendataan.

“Untuk jumlah kerugian akibat kejadian itu kita masih proses pendataan. Yang jelas kejadian ini, tidak ada korban jiwa. Jadi Kerugian sementara berupa atap rumah warga yakni seng dan asbes rumah yang terkena tiupan angin puting beliung tadi sore itu,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, atap rumah warga yang rusak akibat terjangan puting beliung meliputi Rt 01 yakni Kelenteng Jaya Bakti dan rumah Iwan. Di Rt 02 yakni Sim Yun Wen, Tjen Sui Kie dan Ajis. Di Rt 03 yakni Tjhin Muk Lian, Tjhin Hun Kiau, Iwan, Bong Djong Koi, Lie Hon Fu, Phan Ato, Bong Muk Hin dan Djong Kim Fung serta di Rt 05 yakni Lie Sak Tjin.

Pantauan, sejumlah warga setempat terlihat membantu warga yang terdampak menutup asbes yang rusak menggunakan terpal sembari menunggu proses perbaikan.

Penulis: Lio

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait