oleh

Yuslih Ihza Buka MTQ Tingkat Kecamatan di Manggar

Belitung Timur, Swakarya.Com. Pembukaan acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Tahun 2020 berlangsung dibuka oleh Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza, SE, di tempat Surau Al-Mukhsinin Desa Padang, Kecamatan Manggar, pada Senin pagi, 24 Februari 2020.

Dalam acara tersebut, turut hadir Bupati, Camat Manggar, Kapolsek Manggar, Perwakilan Bank SumselBabel Cabang Manggar, Kades, BPD, Panitia, Dewan Hakim dan seluruh Peserta/Kafilah Perwakilan Desa. Adapun peserta yang ikut dalam perlombaan sekitar 131 peserta.

Foto: ist. seluruh tamu undangan yang hadir dalam pembukaan MTQ tingkat kecamatan di Manggar

Dalam kata sambutan, Camat Manggar Amirudin, menyampaikan MTQ ini merupakan salah satu upaya pemerintah kecamatan untuk menggali potensi dan minat baca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

“Menuju generasi yang qurani, cerdas, berprestasi serta berakhlak mulia, Alquran syarat dengan inspirasi dan motivasi agar umat manusia bisa memperluas wawasan, dan memperdalam ilmu pengetahuan serta menyempurnakan ahlak sebagai pedoman hidup di lingkungan keluarga, bermasyarakat dan bernegara,” tutur Amirudin.

Sementara itu, Yuslih Ihza, SE dalam sambutannya membuka secara resmi kegiatan MTQ tersebut,  yang diawali dengan pengukuhan dewan hakim dan pemukulan bedug pertanda MTQ dimulai.

Menurut Yuslih Ihza, pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Manggar ini dapat mendidik, menumbuh kembangkan generasi qurani untuk terus mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, memperluas wawasan, dan dijadikan pedoman dalam berkehidupan dan bermasyarakat bagi peserta yang ikut dalam MTQ ini.

“Semoga dari MTQ ini melahirkan qori dan qori’ah terbaik yang dapat mengharumkan Kecamatan Manggar serta mengaplikasikan dan mengamalkan tidak hanya dalam kegiatan ini tapi di dalam kehidupan sehari-hari sehingga terwujud masyarakat yang mencintai Al Quran dan memahami maknanya dalam berkehidupan,” harap dia.

Lebih Lanjut ia mengatakan, MTQ tingkat Kecamatan Manggar ini sedikit berbeda karena peserta terbaik dari hasil MTQ Manggar ini akan dikirim ke MTQ kabupaten pada pertengahan Maret mendatang.

Pada tingkat kabupaten akan dilaksanakan di Gantung, dan terbaik di Kabupaten akan dikirim ke MTQ tingkat Provinsi dan tuan rumah di Belitung Timur, rencana pelaksanaan tanggal 13 April 2020 di halaman kantor Bupati Belitung Timur.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Manggar Eko Heppy Sulistio selaku koordinator Dewan Hakim yang dikukuhkan oleh Yuslih Ihza, SE seusai pembukaan tadi.

Ia berharap dari MTQ ini akan menjadi syi’ar agama berkelanjutan, dan membuat masyarakat mencintai Al Quran sebagai kitab sucinya.

“Karena memang memahami kandungan Al Quran menjadi keharusan bagi pemeluk agama Islam. Jangan sampai nanti quran ditinggalkan oleh pemeluknya sendiri,” ujarnya.

Untuk itulah kegiatan MTQ secara periodik dilaksanakan, juga sebagai pembinaan imtaq bagi umat.

Penulis : Bambang Suherly
Editor : Tahir

banner 600250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait