oleh

Pajak dan UMKM, Nadinya Pembangunan Bangka

Bangka, Swakarya.Com. Bupati Bangka, Mulkan mengatakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) ini diperoleh dari pajak yang dibayar oleh masyarakat yang taat pajak, dan UMKM masyarakat kepada pemerintah daerah sehingga pemerataan pembangunan bisa berjalan.

Untuk itu Mulkan meminta pembinaan terhadap UMKM tak sebatas kepada UMKM yang masih bagus saja, namun UMKM yang belum maksimal juga mesti dibenahi sehingga usaha yang dirintis bisa mampu berdaya saing tinggi demi kepuasan konsumen.

“Selama ini pada beberapa kegiatan yang ditampilkan hanya UMKM bagus saja, sementara yang belum bagus tidak ditampilkan. Seharusnya yang ini harus ditingkatkan agar setara,” katanya dalam acara Tax Ghatering tahun 2019 di aula Stisipol Pahlawan 12 Bangka, Kamis (21/11).

Mulkan juga mengapresiasikan atas kewajiban taat pajak di daerah ini yang mana hingga saat ini, para taat pajak yang dimaksud sudah melakukan kewajibannya dengan membayar pajak atas usaha yang dikelola dan hampir mencapai 100 persen realisasinya.

“Sehingga sisa yang belum tercapai sedikit lagi harus dikejar,” katanya.

Kabupaten Bangka termasuk dari 3 kabupaten yang perolehan pajaknya melebihi target 100%.

Langkah-langkah ke depan diperlukan semua pihak baik dari bidang perpajakan, serta berbagai lini kehidupan lainnya. Kesadaran perlu dibangkitkan agar peningkatan membayar pajak dan Pemda Bangka menyambut baik setiap kegiatan yang dilakukan Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KP3) Bangka.

Edwin selaku KP3 Bangka menambahkan, perpajakan mendorong UMKM Indonesia untuk berkembang dengan memanfaatkan kemajuan digitalisasi menuju pasar global yang tanpa batas.

“Layanan berbasis teknologi berpotensi UMKM untuk memasarkan produk ke mana saja.Mari kita wujudkan UMKM yang maju,” kata Edwin.

Ia tambahkan, KP3 Bangka yang wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Barat berhasil mencapai perolehan pajak lebih dari target 100%. Tercapainya hal itu karena dukungan semua pihak mulai dari pemda hingga masyarakat.

“Kami berterimakasih atas dukungan semua pihak mencapai ini (target pajak). Karena tidak mungkin tercapai tanpa sinergisitas semua pihak,”katanya.

Dalam Tax Gathering tahun 2019 ditandai dengan penghargaan terhadap wajib pajak perorangan, wajib pajak badan usaha karena dianggap taat pajak. (Lio)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait