oleh

Macam-macam Game Online dan Dampaknya Terhadap Kalangan Remaja

Oleh : Joliyanto


Seiring dengan berkembangnya zaman tentunya berkembang pula beberapa kemajuan di bidang-bidang tertentu yang membuat beberapa pekerjaan menjadi lebih mudah.

Salah satunya adalah perkembangan sistem online, sistem online banyak sekali meringankan dan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat antara lain dari segi jual beli yang sekarang dapat dilakukan secara online.

Selain segi pekerjaan yang dibuat serba online, segi hiburan juga menjadi segi online yang sangat diminati terutama dikalangan remaja yang kesehariannya tidak lepas dari hiburan online atau yang sering disebut game online,

Game online adalah permainan yang membutuhkan akses internet untuk memainkannya, game online dapat menghubungkan ke-jutaan orang di dunia dalam sebuah game yang membuat game tersebut menjadi lebih menantang dan mengasyikan.

Selain itu, maraknya turnamen game online yang diselenggarakan oleh pihak tertentu membuat game berbasis online ini banyak diminati oleh kalangan remaja.

Sehingga banyak perusahaan game yang berlomba-lomba untuk menerbitkan game yang berbasis online. Game yang paling banyak diminati di tanah air saat ini adalah Mobile Legends: Bang Bang dan Gareena Free Fire, Mobile Legends:Bang Bang.

Mobile Legends : Bang Bang merupakan sebuah game berbasis online yang dirilis oleh perusahaan Moonton pada tahun 2016. Game ini menghadirkan sebuah permainan yang sangat menantang dan mengasyikan dengan aliran game moba (Multiplayer Online Battle Arena), dimana game ini terdiri dari dua tim yang tiap-tiap tim berjumlah lima orang dengan tujuan akhir dari game ini adalah menghancurkan base musuh dan melindungi base tim sendiri, yang masing-masing base tim terdiri dari 10 tower atau biasa disebut sebagai turret, yang keluar sebagai pemenang adalah tim yang berhasil menghancurkan turret inti dari base musuh yang biasa disebut sebagai Altar.

Game ini merupakan game yang sampai saat ini masih sangat banyak sekali diminati, bahkan di Indonesia sendiri, sempat digelar piala presiden esports pada bulan Februari 2019 yang resmi membawa game Mobile Legends:Bang Bang sebagai game utama dalam ajang turnamen game online yang paling bergengsi di Indonesia, ONIC sebagai tim yang menjadi juara di piala presiden esports dipastikan akan mewakili esports Indonesia dalam ajang SEA Games DI Filipina November mendatang.

Gareena Free Fire
Gareena Free Fire, game yang satu ini merupakan game yang beraliran battle royale atau peperangan dan dirilis di Indonesia pada bulan januari 2018 menggelar permainan game dengan mempertemukan 50 sampai 52 pemain dari berbagai penjuru dunia dalam satu map game yang mengharuskan pemain untuk berlomba-lomba mengalahkan satu sama lain dengan cara membunuh musuh atau biasa disebut sebagai kill.

Bertahan hidup sampai akhir tanpa menyisakan satupun musuh adalah kunci kemenangan di game free fire, game ini menghadirkan beberapa mode yaitu solo, duo, dan squad yang terdiri dari empat orang sehingga menambah sensasi ketika bermain game yang satu ini.

Selain itu, banyaknya variasi senjata atau biasa dikenal sebagai skin dan juga variasi kostum atau bundle dalam game yang satu ini membuat game ini menjadi lebih menarik, meskipun skin dan bundle  tersebut harus didapatkan dengan cara membeli.

Namun tidak jarang seorang gamers tela menghabiskan uang ratusan bahkan jutaan ribu rupiah demi mendapatkan skin dan bundle tersebut, hingga saat ini game ini masih menjadi primadona di kalangan remaja.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pergelaran turnamen game free fire dan banyaknya para gamers yang sangat antusias untuk mengikuti turnamen tersebut

Dampak positif Game Online
Hadirnya game online membawa banyak sekali dampak positif bagi para gamers itu sendiri, karena dengan adanya game online banyak sekali para gamers yang menjadi terkenal melalui game yang dimainkannya.

Sementara itu, game berbasis online ini juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan seperti menjadi youtubers dan juga banyaknya turnamen bergengsi yang digelar dengan hadiah yang tidak tanggung-tanggung seperti turnamen piala presiden esport di bidang Game Mobile legends:Bang Bang yang hadiahnya mencapai 400 juta rupiah untuk juara pertama.

Game ini juga dapat dijadikan sebagai ajang untuk menambah teman,mengisi kekosongan waktu sebagai hiburan

Dampak negatif Game Online
Selain memiliki dampak positif, game berbasis online ini juga membawa banyak sekali dampak negatif yakni antara lain adanya kecanduan berlebihan terhadap game online sehingga banyak sekali para pemain game online lupa dengan waktu, bahkan rela untuk tidak tidur dimalam hari karena terlalu keasyikan bermain game sehingga akan mengganggu aktifitas keesokan harinya terutama untuk kalangan pelajar.

Tumbuhnya sikap hidup boros, karena game ini membutuhkan kuota yang tidak sedikit untuk memainkannya, sehingga membuat paket internet menjadi lebih cepat habis.

Berikutnya adalah kerusakan mata dini karena mata selalu berhadapan dengan layar smartphone yang dapat membuat mata mudah letih dan bahkan dapat menyebabkan rabun dekat.

Dampak negative lainnya adalah mengurangnya kelestarian permainan tradisional seperti gasing dan permainan lainnya karena anak-anak lebih menyukai game online sehingga mereka acuh tak acuh terhadap permainan tradisional yang seharusnya dijaga kelestariannya hal ini karena banyak sekali anak di usia dini yang sudah mengenal game online.

Meskipun banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya game online, semua tidak terlepas dari bagaimana cara masing-masing para gamers dalam menanggapinya dan dapat mengolahnya dengan baik dan juga perlunya pengawasan terutama dari orang tua terhadap anak-anak yang masih dibawah umur hal ini menimbang karena anak yang masih dibawah umur cenderung lebih mudah terdampak negatif dari game online.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait