oleh

Kagama Babel Ajak Masyarakat “Nyanthel” Rame-rame, Amalkan Semangat Gotong-royong dalam Pancasila

Pangkalpinang, Swakarya.Com. Sekantong plastik berisi bahan makanan siap masak sangat berarti bagi masyarakat kecil. Khususnya bagi mereka yang terpuruk ekonominya diperparah dengan adanya penyebaran COVID-19 yang semakin menyulitkan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, namun dapur harus tetap mengepul.

Hari ini (02/06) di tepi Sungai Rangkui Kota Pangkalpinang, Kagama Babel bekerjasama dengan Kagama Care meluncurkan program Canthelan, yakni sekantong plastik berisi bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan 1 keluarga dalam sehari.

“Kurang lebih seperti paket SEMBAKO (Sembilan Bahan Pokok) dan sayuran walau tidak lengkap dan porsi kecil dalam sekantong plastik. Selain sembako dan sayuran, ada juga barang yang diterima dari donatur yang dimasukkan dalam “kresek” dan disalurkan seperti buku, boneka, baju layak pakai, dan sebagainya.

Semangatnya adalah gotong royong dan berbagi. Menebarkan kebaikan dan Rahmatan Lil Alamin. Dan kita turut Pengamalan Pancasila, terutama sila ke-3 Persatuan Indonesia dan sila ke-5 Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Ketua Kagama Babel, Warsongko kepada redaksi Swakarya.com.

Turut hadir dalam peluncuran program Canthelan ini Lurah Kampung Opas, Juni dan tim KOTAKU.

Mulai hari ini juga deretan kantong plastik digantung (Jawa : dicanthel) di depan rumah Ibu Tina, warga Gang Melur 4 RT 01 RW 01 Kelurahan Opas Kecamatan Tamansari Kota Pangkalpinang dan dilaksanakan selama 10 hari.

Setiap warga sekitar hanya boleh mengambil 1 kantong plastik, tidak boleh mengambil 2 atau lebih, dengan alasan apapun.

“Nilai kejujuran dan tanggungjawab harus dijunjung tinggi setiap warga, karena program ini tanpa pengawasan dari donatur. Spesial dalam peluncuran program Canthelan ini Kagama Babel telah menyiapkan 60 paket yang terdiri dari 20 paket anak-anak, 20 paket sembako dan 20 paket beras mix sayur. Kurang dari 10 menit seluruh Canthelan ludes. Antusias warga sangat luar biasa,” tambahnya.

Kegiatan Canthelan ini telah dilaksanakan Kagama Care di Kampung Pangkal Arang Pangkalpinang selama 10 hari dan telah berakhir pada hari Sabtu kemarin (30/5/2020).

Setelah peluncuran Canthelan di Kampung Opas akan berlanjut di wilayah lainnya. Siapapun kata Warsongko, bisa jadi donatur. Bantuan berupa barang bisa diantarkan langsung ke lokasi Canthelan atau diserahkan ke panitia Kagama Babel dan Kagama Care.

Bantuan donasi ditransfer ke Bank Syariah Mandiri nomor rekening 7117417888 a.n. Kagama Babel. Ayo nyanthel rame-rame. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait