oleh

Hasil Penelitian Dosen STISIPOL Pahlawan 12, Baberkan Pemanfaatan Website Bangka.go.id

Sungailiat, Swakarya.Com. STISIPOL Pahlawan 12 Sungaliat Bangka kembali menyelenggarakan seminar penelitian dosen yang berlangsung pada Senin, 19 Oktober 2020 kemarin.

Presentasi hasil penelitian dipaparkan oleh Iksander, MA dan Ahmad Riyadhi, MM dengan judul “Penerapan Online Public Relation Pemkab Bangka melalui Pemanfaatan Website Bangka.go.id”.


Menurut Iksander, peran tampilan muka (interface) menentukan keberhasilan bangka.go.id untuk e-PR.

Sehingga perancangan bangka.go.id harus mendukung tercapainya Visi Misi dari Bangka Setara.

Baca Juga: Stisipol Pahlawan 12 Gelar Seminar Nasional Angkat Isu Tentang RUU Cipta Kerja

Untuk itu, Iksander dan Ahmad Riyadhi peniliti dosen STISIPOL Pahlawan 12 tertarik untuk mengetahui sejauh mana web dimanfaatkan ditinjau dari model perancangan “The 7C’s framework”.


“Kehadiran website yang lengkap, kredibel serta menarik adalah suatu keharusan. Serta platform media digital wajib menyesuaikan konten dan fitur untuk audience dengan karakter generasi Millineal dan generasi Z.” tambahnya.


Dalam pemaparannya disimpulkan bahwa Pelaksanaan Online Public Relation pemkab Bangka sudah cukup baik karena memenuhi empat dari tujuh elemen dalam the 7 c’s Framework.

Baca Juga: Himara Stisipol Pahlawan 12 Ikuti Kegiatan Kampanye Indonesia Bersih dan Bebas Sampah

Menurutnya, elemen dimaksud adalah konteks, konten, kustomisasi, dan koneksi, dan ada tiga model yang kurang maksimal yakni komersial, komunitas dan komunikasi.


Selain itu, model yang paling dominan mempengaruhi interface bangka.go.id adalah elemen konten (content), memfokuskan pada isi web dengan penguatan konten berupa banyaknya pilihan informasi yang disediakan (berita, informasi pengumuman, bank data, situs berita lokal, infografis dan foto) termuat dalam sejumlah platform baik teks, grafik dan gambar.

Diakhir paparannya, Iksander dan Riyadhi memberikan beberapa saran terkait pengelolaan website tersebut diantaranya Mempertahankan performance search engine optimization (SEO).

Baca Juga: Dosen STISIPOL Pahlawan 12 Ungkap Lempah Kuning sebagai Gastronomi Kabupaten Bangka melalui Riset

“Meningkatkan koordinasi antara IKP dan E-Gov, menghilangkan kolom link-link berita dari media lokal maupun nasional, dan memperbesar porsi kolom berita internal, meningkatkan follower, subscriber maupun like pada akun-akun media sosial, serta melakukan pengembangan template CMS atau melakukan penggantian template CMS yang lebih familiar dan sesuai perkembangan zaman,” tuturnya.

Sementara itu, Bambang Ari Satria selaku Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan menyatakan bahwa seminar hasil penelitian ini rutin dilaksanakan sebagai salah satu program kampus agar dapat meningkatkan semangat dosen dalam melakukan penelitian.


“Sebagai civitas akademika para dosen wajib melakukan penelitian & pengabdian kepada masyarakat selain kegiatan pengajaran, dan seminar ini menjadi salah satu program kampus terkait bidang penelelitian. Diharapkan program ini dapat meningkatkan semangat dosen untuk lebih giat meneliti,” ungkapnya.

Penulis: Iso

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait