Bupati Sebut, Capaian Penggunaan APBDes Enam Desa Di Pemali Berjalan Dengan Baik

Bangka, Swakarya.Com – Dalam giat evaluasi pelaksanaan APBDes tahun 2022 yang berlangsung di gedung serba guna kecamatan Pemali, Selasa (15/11), Bupati Bangka, Mulkan menyebutkan jika capaian pelaksanaan penggunaan APBDes tahun 2022 di enam desa yang ada di wilayah kecamatan Pemali berjalan dengan baik.

Karena menurut Bupati Mulkan, penggunaan APBDes yang dimaksud sudah sesuai dengan ketentuan aturan yang sudah ditetapkan.

Kendati demikian, ada yang hal yang terpenting selain progres capaian penggunaan APBDes, yakni pelayanan terhadap masyarakat harus diutamakan, baik itu pelayanan kesehatan, pendidikan hingga sektor sektor lainnya yang berhubungan dengan masyarakat.

Ditambahkan Bupati Mulkan, dengan hasil yang cukup baik dalam menggunakan APBDes dan pendapatan yang cukup, tentunya kita juga memikirkan untuk membangun dan meningkatkan insfrastruktur, seperti pembangunan jalan.

Sebab pembangunan jalan merupakan kebutuhan penting bagi kehidupan masyarakat.

“Karena jalan merupakan akses menghubungkan semua sektor, yaitu sektor pendidikan, kesehatan, pertanian dan sektor lainnya,” katanya.

Disisi lain, menurut orang nomor satu di Bangka ini, bahwa soal batas desa juga merupakan hal yang penting. Untuk menentukan batas desa antara desa yang satu dengan desa yang lain, harus diselesaikan secara musyawarah mufakat.

Untuk itu kepala desa, perangkat desa segera melakukan musyawarah mufakat sehingga problem yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik.

“Jika tidak dilakukan, oleh kepala desa dan perangkat desa, secara peraturan per undang undangan, bupati memiliki hak memutuskan dan menetapkan,” katanya.

Karena menurut Bupati Mulkan, jika nantinya permasalahan tapal batas desa ini diputuskan oleh Bupati, maka dipastikan akan pihak pihak yang akan merasa dirugikan.

“Tapi apa boleh buat kalau pemerintah pusat mendesak bahwa pemerintah daerah harus menyelesaikannya, akan kita lakukan penetapan. Untuk itu diminta kepala desa, perangkat desa segera melakukan musyawarah mufakat antar desa,” katanya.

Penulis : Lio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait