oleh

Fenomena Vaksin Covid-19 di Masyarakat Indonesia

Penulis: Vikriyatul Muammar / mahasiswa Hukum UBB

Swakarya.com. Bertepatan pada 6 Desember 2020 lalu, Vaksin Corona telah tiba di Indonesia. ada sekitar 1,2 juta vaksin covid-19 yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Vaksin Corona pertama di Indonesia merupakan buatan Sinovac Biotech. Perusahaan Sinovac Biotech adalah farmasi China yang mengembangkan vaksin covid-19 mereka benama CoronaVac.

Berdasarkan informasi yang dihimpun vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

Jadwal vaksinasi pertama di Indonesia, dilakukan pada tanggal 13 Januari 2021. Dimana yang mendapatkan vaksin pertama tersebut adalah Presiden joko Widodo beserta sederet menteri dan influencer.

Namun, terdapat pro dan kontra dikalangan masyarakat mengenai vaksin covid-19 tersebut bahkan beberapa diantaranya sempat menolak untuk divaksin.

Dalam hal ini penulis beranggapan bahwa adanya vaksin ini memberikan reaksi bagi berbagai kalangan, hal ini pun dianggap wajar. Sebab, kita ketahui bersama bahwa covid-19 ini merupakan suatu wabah yang tidak bisa disepelehkan oleh siapapun.

Tidak sedikit korban yang meninggal akibat wabah ini. Maka lahirlah rasa ketakutan dikalangan masyarakat khususnya penduduk desa yang minim mendapatkan informasi yang aktual, dan lebih buruknya lagi mereka lebih mempercayai pendapatnya masing-masing mengenai vaksin covid-19 ini.

Beberapa diantara mereka mengatakan bahwa vaksin yang asli itu hanya untuk orang-orang penting saja, lalu bagi masyarakat biasa hanya diberikan vaksin yang palsu.

Dan vaksin itu hanya menambahkan penyakit saja serta permainan pemerintahan semata. Sehingga, mereka sepakat untuk menolak untuk divaksin. Padahal fakta sebenarnya pandangan masyarakat desa sangatlah menyimpang mengenai vaksin tersebut.

Pemerintah sudah berusaha keras dalam mencari solusi agar covid-19 ini segera berakhir dari tanah air kita ini, ada banyak hal penting juga yang perlu pemerintah perbaiki baik itu sektor ekonomi, pendidikan, dan politik serta masih banyak lagi lainnya. Jika masyarakat tidak mendukung program dari pemerintahan, sampai kapan negara kita tetap begini tanpa dapat berbenah untuk berupaya menjadi lebih baik lagi.

Di masa-masa sulit saat ini, Negara belahan dunia juga sedang mengalami hal yang serupa dengan Negara kita. Disinilah peluang Negara kita untuk lebih cepat berbenah lebih dulu, agar melangkah lebih jauh dari Negara lain, dimana ketika Negara lain sibuk mengatasi wabah ini di Negara mereka.

Tanpa dukungan masyarakat, program pemerintahan hanya sebuah kesia-siaan. Dan kita sebagai seorang berpendidikan dalam suatu keluarga, sebaiknya memberikan edukasi yang baik dan benar, agar bisa mengarahkan setidaknya dalam lingkungan keluarga. Karna tindakan yang besar, dimulai dengan tindakan kecil yang kita anggap sepele.

Kalau bukan dari kita, siapa lagi ? .

Untuk itu, penulis mengajak seluruh pembaca yang budiman bersama sama mari dukung program vaksin covid-19 dari pemerintah, semoga dengan program tersebut kita dapat kembali merasakan kenyamanan dalam bekerja, belajar, bahkan untuk ibadah. Aamiin***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait