oleh

Danramil 413-06 Sungailiat Ingatkan Anggotanya Tidak Terlibat Narkoba

Bangka, Swakarya.Com. Komandan Koramil (Danramil) 413-06/Sungailiat, Daniel B. Gala mengingatkan kepada seluruh anggotanya untuk tidak terlibat dalam peredaran gelap narkoba.

Hal tersebut ia ungkapkan pada saat pelaksanaan sosialisasi mengenai bahaya narkotika yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka di Makoramil 413-06/Sungailiat, Jumat (06/1) kemarin.

Menurut Daniel selama menjabat sebagai Komandan Koramil 413-06/Sungailiat, ia selalu mempriotitaskan perhatiannya kepada kedisiplinan dan etika prajurit, salah satunya memastikan agar prajurit-prajurit koramil dibawahnya tidak ada yang terjerat kasus hukum khususnya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

(Foto: Lio)

Dikatakan dia, tidak hanya prajurit saja yang diperhatikan, namun istri prajurit yang tergabung dalam organisasi Persit itu pun tak luput dibekali pengetahuan mengenai program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Daniel menaruh harapan yang besar kepada para istri prajurit untuk selalu ikut serta melindungi suami dan anak-anak dalam mencegah terjadinya penyalahgunaan narkotika.

(Foto: Lio)

“Saya menaruh kepercayaan penuh kepada ibu-ibu Persit maupun kepada para anggota saya dalam urusan kedisipilnan dan pelayanan kepada masyarakat. Jangan sampai nama baik kesatuan TNI tercoreng akibat ulah oknum yang terjerat kasus narkotika,” katanya.

Disamping itu, Daniel berpesan kepada para istri prajurit untuk tidak takut melaporkan kejadian yang diduga terkait kasus penyalahgunaan narkotika baik itu suami, anak maupun lingkungan tempat tinggal sekitar.

“Sesuai perintah Panglima TNI yang diteruskan oleh Danrem, Dandim, Danramil dan satuan-satuan lainnya untuk tidak tebang pilih dalam memberikan sanksi kepada prajurit yang terbukti terjerat kasus narkotika. Bahkan beberapa waktu lalu, secara mendadak kami (prajurit TNI) dilakukan pemeriksaan urine oleh provost dan Polisi Militer (PM). Dari pemeriksaan tersebut, alhamdulillah tidak ditemukan indikasi anggota yang positif narkoba. Dan kalaupun memang ada, oknum anggota pasti akan mendapat sanksi tegas secara militer maupun hukum pidana,” katanya.

Ditambahkan dia, sebagai pimpinan di Koramil Sungailiat, dirinya akan sepenuhnya menjalankan amanat negara dan perintah pimpinan di satuan TNI.

“Perintah atau instruksi pimpinan itu hukumnya wajib dilaksanakan atas dasar kebutuhan negara maupun panggilan tugas. Salah satu tugas negara yang diembannya adalah menjaga kesatuan dan keutuhan prajurit dibawah komando nya di Koramil 413-06/Sungailiat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka, Eka Agustina didampingi Humas Abie Ap. Prayoga memberikan apresiasi kepada Danramil Sungailiat yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi pengetahuan tentang narkotika kepada anggota TNI AD Koramil setempat.

“Itu artinya, TNI sudah melakukan sebagian tugasnya dalam upaya perang terhadap musuh negara, yakni narkoba,” katanya.

Eka mengatakan, bila di kemudian hari ada oknum yang bermain, BNNK Bangka akan menindak oknum tersebut sesuai peraturan yang berlaku.

“Kami tidak akan memberikan ampun dan akan kami tuntaskan sebagaimana hukum yang berlaku,” katanya.

Namun jika ada oknum yang sudah terlanjur mengkonsumsi narkotika, ia berharap sebaiknya melaporkan diri ke BNN setempat agar segera ditindak dalam program rehabilitasi.

“Tujuannya untuk memulihkan si pengguna dan candu narkotika. Jangan takut melaporkan diri, semua dirahasiakan bahkan kita layani sepenuh hati hingga tuntas. Saya pastikan semua rangkaian rehabilitasi tidak dipungut biaya sepeser pun, alias gratis,” katanya. (Lio)

banner 600250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait