Cetak Qori dan Qoriah Handal, Pemkab Bangka Gelar Pembinaan Dan Pelatihan Tilawatil Qur’an dan Khottil Qur’an

Bangka, Swakarya.Com. Untuk menghasilkan qori dan qoriah yang handal, Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Bagian Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan Setda Bangka melaksanakan pembinaan dan pelatihan tentang Tilawatil Quran dan Khottil Quran dalam kegiatan halaqoh. 

Kegiatan yang diikuti 36 peserta dari semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka tersebut dipusatkan di Mess Pemda Sungailiat dengan mendatangkan narasumber dari pusat dan juga Kabupaten Bangka yang memang ahli di bidangnya.

Kabag Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan Setda Bangka yang diwakili oleh Kasubbag Koordinasi dan Kemitraan Kesra Administrasi Kesra Setda Bangka, Fatmah Kamilaini mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin dengan tujuan untuk memberikan pelatihan dan pembinaan kepada anak-anak yang akan mengikuti lomba baik itu Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) maupun Seleksi Tilawatil Quran (STQ).

Tujuannya, agar mempunyai kualitas baik dan mempunyai keterampilan yang baik di bidangnya.

“Kita ingin anak-anak kita ini bisa berhasil baik sehingga dapat membanggakan kita terutama orang tua dan juga bisa meningkatkan kualitas baik itu bidang Tilawah Quran dan Khottil Quran. Sehingga ketika mengikuti lomba atau hal lainnya bisa menjadi yang terbaik dan bisa menjadi contoh untuk kawan-kawan lainnya serta bisa mengharumkan nama Kabupaten Bangka,” kata Fatmah di sela-sela kegiatan, Selasa (3/9).

Fatmah menjelaskan, pembinaan dan pelatihan yang diikuti anak-anak ini selain mempunyai tujuan jangka pendek, juga mempunyai tujuan jangka menengah dan panjang. Yakni, ingin lebih mempopulerkan bidang Tilawah dan Khottil Quran ini di tengah-tengah masyarakat terutama bagi generasi millenial, sehingga mempunyai tujuan dan cita-cita hidup yang seimbang antara dunia dan akhirat. 

Selain itu juga, kegiatan halaqoh ini bisa lebh meningkatkan ilmu agama anak-anak sehingga dalam perjalanannya nanti mereka bisa menguasai ilmu yang benar dan bisa mendapatkan langsung dari ahlinya.

“Ilmu pengetahuan umum dapat dan agama juga dapat sehingga dalam menjalani kehidupan ini, untuk itu pembinaan dan pelatihan bidang tilawah dan khottil quran ini bisa memberikan manfaat bagi anak-anak, orang tua serta daerah,” harapnya.

Dikatakan Fatmah kembali, dengan kegiatan pembinaan dan pelatihan tilawah dan khotill quran ini, Pemerintah Kabupaten Bangka terus melakukan kegiatan pembinaan mental spiritual dan memberikan kontribusi yang baik untuk masyarakat.

Selain itu juga, dengan dilaksanakan kegiatan halaqoh ini mendukung visi misi Kabupaten Bangka yakni dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melalui pendidikan baik itu pendidikan umum maupun pendidikan agama.

“Kegiatan ini diharapkan melahirkan generasi muda yang qurani dan dapat memberikan kebanggaan bagi kita semua, semoga kedepannya perjalanan hidup mereka bisa baik dan tercapai cita-citanya,” harap Fatmah.

Sementara itu salah satu peserta yang ikut pembinaan tilawah, Ayu Andira (14) dari Kecamatan Merawang ketika ditemui menyebutkan, dirinya terus mengasah kemampuan untuk dapat membaca Al quran dengan baik dan benar. 

“Dari kecil saya sudah mengenal Al Quran oleh orang tua saya dan sampai sekarang saya asah terus sehingga bisa membaca dan dapat mengikuti lomba,” ungkap Ayu yang ikut dalam STQ Nasional di Kota Pontianak baru-baru ini.

Kedepan Ayu berharap dengan mendapatkan pembinaan dan pelatihan bidang Tilawah quran dari narasumber yang difasilitasi Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Setda Bangka, dirinya terus mengembangkan bakat.

Ia pun berharap suatu hari nanti bisa menjadi qori yang menjadi kebanggaan orang tua, daerah dan bangsa. 

Kegiatan halaqoh Tilawah dan Khotill Quran ini akan berlangsung selama lima hari mulai dari tanggal 2 sampai dengan 6 September 2019. (Lio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait