Mulkan Belum Tau Adanya KIP Yang Akan Beroperasi di Matras

Bangka, Swakarya.Com. Aktifitas penambangan laut oleh Kapal Isap Produksi (KIP) di perairan laut Bangka tak mengenal tempat. 

Pasalnya, setelah sebelumnya aktifitas KIP yang beroperasi di wilayah tangkap nelayan Rebo ditentang nelayan setempat, kini operasi KIP dikabarkan akan melakukan aktifitas di kawasan wisata Pantai Matras. 

Bupati Bangka, Mulkan saat dikonfirmasi terkait isu KIP yang akan melakukan penambangan di perairan laut Matras mengaku belum mengetahui informasi tersebut. 

“Kami belum dapat laporan terutama dari Lurah Matras terkait adanya gejala gejala warga yang menolak KIP masuk ke pantai Matras,” katanya.

Menurut Bupati, jika hal tersebut benar adanya, pihaknya akan melakukan pendekatan dengan masyarakat serta meminta kepada PT Timah untuk melakukan sosialisasi secara terbuka sehingga apa yang menjadi keinginan dari masyarakat terakomodir. 

“Karena pantai Matras inikan salah satu tempat wisata yang ada di kota Sungailiat ini dan jangan sampai kawasan ini ditambang,” katanya. 

Disinggung terkait langkah apa yang diambil pemerintah daerah ini terhadap gejolak masyarakat yang menolak keras KIP menambang di perairan laut Pantai Matras, Bupati menegaskan akan menghentikan aktifitas KIP itu.

“Kalau masyarakat bergejolak ya harus kita stop, suka tidak suka. Apalagi itu salah satu area publik milik masyarakat di daerah ini yang setiap hari dikunjungi banyak orang yang mana pantai ini langsung dikelola oleh pemerintah,” katanya. (Lio) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait