by

Warga Kumbung, Lepar Pongok Terima Bantuan BLT Dari Pemdes

*BLT telah direalisasikan oleh pemerintah Kabupaten Bangka Selatan

Kumbung, Swakarya.Com. Kecamatan Lepar Pongok Kabupaten Bangka Selatan membagi Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada Warganya pada Sabtu kemarin, 9 Mei 2020.


Bantuan BLT ini diberikan sesuai petunjuk pemerintah dalam rangka memenuhui kebutuhan Ekonomi Masyarakat Imbas Virus Carona atau COVID-19 sesuai dengan permendes NO.6 Tahun 2020 Tentang Perubahan Prioritas Pengunaan dana desa Tahun 2020.

Kemudian di pertegas lagi dengan SE Mendes PDTT No. 1261 dan SE. Bupati Basel No.140, lalu surat dari Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa No.10/10/PRI.00/IV/2020.

Harun Saleh selaku Kades Desa Kumbung mengatakan, hal ini dilakukan sesuai dengam arahan pemerintah Kabupaten Bangka Selatan yang kemudian ditindaklanjuti oleh pihak RT dan RW dan sudah diserahkan secara langsung.


“Pendataan calon penerimaan BLT di lakukan oleh relawan desa yang telah di bentuk dan sudah di SK kan, kemudian Pendataan di lakukan mulai dari RT/Dusun lalu di bawah Ke Musywarah Desa Khusus ( MUSDESSUS) untuk di validasi, Finaslisasi dan penetapan data KK penerima BLT dengan Menggunankan Dana Desa 2020 di luar dari yang dapat bantuan PKH, BPNT dan Kartu Prakerja,” ungkapnya.


Di tempat yang sama, Sarmili selaku Ketua BPD Desa Kumbung yang didampingi perangkat desa setempat. Ia mengatakan Bantuan BLT ini diberikan kepada 29 KK dari 190 KK Desa kumbung dengan Jumlah masing Rp 600.000,00 / bulan, BLT ini akan di bagikan selama 3 bulan Maka total semua anggaran yang di serahkan yaitu Rp. 52.200.000.

“Masyarakat yang mendapatkan bantuan BLT ini setidaknya dapat meringankan sedikit beban kebutuhan Ekonomi sehari-hari khususnya dampak COVID-19,” tuturnya kepada awak media swakarya.com melalui pesan singkatnya.

Penulis : Tahir

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait