oleh

Peringatan Hari GNPDAS, KTH Panca Indah Lestari Juara 1 Tingkat Provinsi

banner 600250

Bangka, Swakarya.Com. Kelompok Tani Hutan (KTH) Panca Indah Lestari Dusun Sidomulyo Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam meraih juara 1 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kategori kelompok Tani Hutan dalam rangka peringatan Hari Gerak Nasional Pemulihan Aliran DAS (GNPDAS) yang berlangsung di Pantai Takari, Desa Rebo, Sabtu (30/11). 

Kegiatan yang dibuka Gubernur Babel, Erzaldi Roesman di Pantai Takari itu diharapkan mampu menghijaukan kembali daerah aliran sungai yang banyak dilakukan perambahan dengan cara menanam 25 pohon seumur hidup. 

Pada kesempatan itu, Gubernur Babel memberikan hadiah kepada KTH Panca Indah Lestari yang dibentuk tahun 2015 yang lalu. 

Di dalam usaha kelompok yang dibentuk, KTH Panca Indah Lestari yang diketuai Susilo ini melakukan penanaman kayu jenis mahoni, karet, gaharu, cempedak, durian dan belangiran menggunakan pupuk kompos. 

Hanya saja didalam pelaksanaanya, KTH Panca Indah Lestari sempat dihadapi dengan masalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga hutan agar tetap lestari dan tidak adanya support pihak ke 3 dalam pemasaran pupuk. 

Terhadap permasalahan yang ada, KTH Panca Indah Lestari dapat mengatasi sehingga meraih juara 1 provinsi Babel kategori kelompok Tani Hutan dalam rangka peringatan Hari Gerak Nasional Pemulihan Aliran DAS (GNPDAS). 

Kades Bukit Layang mengapresiasikan torehan prestasi yang diraih KTH Panca Indah Lestari, Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam ini. 

Atas prestasi yang diraih, Andri berharap masyarakat di Kecamatan Bakam dapat menjaga dan mencintai lingkungan sehingga lingkungan yang ada tetap asri. 

Ditambahkan dia, sebagai aparatur pemerintahan desa, pihaknya akan terus mendukung program program kemasyarakatan yang ada di desa itu sehingga manfaatnya dirasakan masyarakat banyak. 

“Semoga steakholder terkait dapat sesering mungkin melakukan sosialisasi, pembinaan, kunjungan kerja dan membantu dalam segala aspek,” katanya. (Lio) 

banner 600250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait