oleh

SMAN 1 Jebus Rebut Juara I “KITA” di IAIN SAS Babel

*Tren entrepreneur kini mulai tampak.

Bangka, Swakarya.Com. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) SAS Bangka Belitung (Babel) gelar sebuah Event yang mengusung tema “Socio-Techno-Preneur Era Industri 4.0” melalui perlombaan Kompetisi Ide Teknologi Aplikasi Bangka Belitung (KITA BABEL).

Perlombaan itu menitikberatkan pada ide usaha yang berdampak pada bidang sosial sebagai fokus utamanya serta pengaplikasian ide melalui penggunaan teknologi.

“Harapannya, ide dari perlombaan ini dapat mengangkat taraf hidup masyarakat dengan karya yang di presentasikan tersebut,” ujar Aima Idayulaela, penanggung jawab perlombaan KITA BABEL.

Antusias peserta lomba mengasilkan sebanyak 15 proposal ide bisnis yang ikut serta dalam kompetisi ini. Menurut Aima, hal tersebut telah menunjukkan bahwa tren entrepreneur kini mulai tampak.

”Kompetisi seperti ini dapat lebih menggali potensi yang ada di masyarakat dalam menciptakan sebuah usaha,” ungkapnya mahasiswa IAIN SAS Babel tersebut.

Dari seluruh proposal ide bisnis yang diterima, hanya sepuluh proposal terbaik yang berkesempatan maju ke tahap presentasi. Setiap tim yang terdiri dari dua sampai tiga anggota tersebut akan dihadapkan dengan dua juri yang berpengalaman di bidang entrepreneurship dan IT.

Diantaranya, Adisuputra, S.T., M.Kom. selaku CEO Founder Teitra Mega IT Solution dan Nordianto, S.Kom., M.T.I. selaku Kasi Pengembangan Aplikasi dan Keamanan Informasi Pemkab Bangka Tengah.

Selanjutnya berada pada tahap presentasi,  dilakukan penilaian berdasarkan ide usaha dan kematangan konsep yang dibuat oleh peserta. Hingga pada akhirnya, tiga tim dengan ide teknologi aplikasi terbaik pun di daulat sebagai pemenang dalam kompetisi ini.

”Pada dasarnya semua tim memiliki keunggulan masing-masing, namun kompetisi memang harus memiliki pemenang,” tutur Adi, salah satu juri.

Lebih lanjut, ia menyatakan, kompetisi semacam ini mampu memacu semangat berwirausaha yang secara tidak langsung mengubah mindset job seeker menjadi job creator.

Acara tersebut diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada pemenang juga menandakan penutupan rangkaian Bazar Kewirausahaan 2019 yang diselenggarakan tanggal 10-12 September 2019 sekaligus diisi dengan penampilan hiburan dari Filosofi Band, pembagian doorprize bernilai jutaan rupiah dan Flashmob dari mahasiswa IAIN SAS Babel.

Kategori pemenang KITA BABEL
– Kategori Ter-Socio-Techno: PIBU – Pinjam Buku (SMA Negeri 1 Jebus)
– Kategori Ter-Techno: Mucak (Comptech)
– Kategori Ter-Socio: Cleaning Sampis (SMA Negeri 1 Jebus)

Penulis : Ryannico
Editor : Tahir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait