oleh

Masak Sayur Urap, TP PKK Bangka Juara Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi

banner 600250

Bangka, Swakarya.Com. Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bangka kembali berhasil menorehkan prestasi pada ajang Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dengan meraih juara pertama. 

Ajang yang diikuti TP PKK dari 7 Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung ini berlangsung pada hari Selasa (03/09) di Pantai Nyiur Melambai, Manggar, Belitung Timur.

Penghargaan tersebut diterima langsung Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan yang diserahkan Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Atas torehan tersebut Kabupaten Bangka berhak mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengikuti ajang serupa pada tingkat Nasional nanti.

Kepala Dinas Pangan (Dinpan) Kabupaten Bangka, Elius Gani, SP kepada Swakarya.com lewat via whatsapp, Selasa (3/9) menuturkan, produk olahan pangan yang ditampilkan pada ajang tersebut yakni sayur urap khas Bangka dengan bahan baku utama daun mangkok dan kenikir, beras aru, fillet ikan gabus, dan semangka yang berbalut toping nanas didalamnya.

“Sebagai sumber karbohidrat kita menggunakan beras aru, sumber proteinnya kita tampilkan fillet ikan gabus, untuk sayur-sayuran yakni olahan urap khas Bangka sedangkan buah-buahan kita menampilkan produk olahan semangka dengan campuran nanas,” katanya.

Ditambahkannya, produk yang dihasilkan anggota PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kabupaten Bangka tersebut memprioritaskan bahan baku utama yang bersumber dari sumber daya alam khas Daerah.

“Kita konsen untuk mengangkat olahan pangan yang bahan bakunya asli khas Daerah kita,” katanya.

Diungkapkannya, guna menghadapi ajang lomba di tingkat Nasional nanti, pihaknya akan berkolaborasi dengan Ketua TP PKK Kabupaten Bangka. Melalui serangkaian ide serta gagasan inovatif diharapkannya mampu menghasilkan olahan pangan Daerah lebih beragam.

“Dinas pangan bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK akan mempersiapkan ajang pada tingkat Nasional nanti dengan memberikan bimbingan serta mementor para peserta lomba. Kita ingin agar menu yang ditampilkan pada lomba nanti lebih beragam,” katanya. (Lio) 

banner 600250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait