Masyarakat Desa Baru Antusias Ikuti Sosialisasi PHBS JKN-KIS dan Pengobatan Gratis

*Program kerja sama KKN Tematik 06 UBB di Desa Baru dengan BPJS Kesehatan dan Dinkes Beltim

Manggar, Swakarya.com. Tim KKN Tematik 06 UBB bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur (Beltim), menyelenggarakan dua kegiatan sekaligus, yakni Sosialisasi BPJS JKN–KIS dan Pengobatan Gratis, bertempat di Balai Desa Baru, Rabu (24/07/2019).

Kepala BPJS Kesehatan Beltim, Timbul Samosir dalam pemaparannya memperkenalkan kembali kepada warga Desa Baru apa itu BPJS, bagaimana alur pendaftaran BPJS, dan pentingnya BPJS bagi masyarakat.

“Salah satu yang terpenting dalam hidup adalah kesehatan, karena dengan sehat anda akan bisa melakukan semua aktifitas dengan mudah dan lancar.

Oleh karena itu anda memerlukan asuransi kesehatan yang sewaktu waktu bisa anda gunakan saat anda jatuh sakit, dan BPJS adalah sebagai penyelenggara jaminan kesehatan tersebut,” jelasnya.

Peserta BPJS jelasnya, dikelompokan menjadi dua, yaitu PBI jaminan kesehatan yang dibayarkan oleh pemerintah, dan non PBI, yang jaminan kesehatannya dibayarkan melalui iuran sesuai dengan fasilitas kelas yang diambil.

Ia pun menyakinkan masyarakat yang hadir, bahwa alur pembuatan kartu BPJS sangatlah mudah, cukup dengan datang ke Kantor BPJS kemudian mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan, lalu melakukan pembayaran premi sesuai kebutuhan dan kemampuan.

“BPJS disini hanya sebagai penyelenggara jaminan asuransi kesehatan, sedangkan rumah sakit dan puskesmas yang melaksanakannya,” pungkasnya.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang disampaikan oleh Yati selaku Kabit Pelayanan Kesehatan dan Kesejahteraan Dinkes Beltim.

Pada saat pemaparan materi, Yati memberikan berbagai informasi mengenai pentingnya menjaga hidup sehat dan bersih di sekitar lingkungan masyarakat. Salah satunya yakni masyarakat diharuskan memiliki jamban.

Yati mengatakan, dengan adanya kehadiran mahasiswa KKN Tematik 06 UBB ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan pun meningkat. Terbukti dengan antusiasnya masyarakat yang hadir pada saat kegiatan.

“Biasanya ketika Dinas Kesehatan mengadakan pengobatan gratis kepada masyarakat, yang hadir sangatlah sedikit,” ungkapnya.

Masyarakat pun merasa senang dengan program KKN UBB ini. “Kami baru pertama kali tertarik untuk ikut serta dalam kegiatan pengobatan gratis seperti ini, karena kami diundang langsung oleh mahasiswa dan kami merasa sangat senang akan kehadiran mahasiswa di Desa Baru,” ungkap salah seorang warga Desa Baru.

Editor : Abdul Fakih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait