oleh

Fazzli: Reputasi Baik Basarnas Berkat Kerja Keras Antar Potensi SAR di Lapangan

Pangkalpinang, Swakarya.Com. Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang (Basarnas Babel) menyelenggarakan Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 Basarnas, bertempat di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkalpinang.

Upacara tersebut juga diikuti oleh BPBD, Polri, TNI, Sentra Komunikasi Mitra Polri (SENKOM), dan Satgas Pramuka Kwarda. Kep. Bangka Belitung.

Dengan mengambil tema profesional, sinergi, dan militan adalah harapan dari Basarnas untuk Indonesia maju.

“Selama ini, kita telah memiliki reputasi yang baik dimata masyarakat. Reputasi itu kita peroleh dengan kerja keras, dedikasi dan motivasi yang tinggi dalam melaksanakan setiap tugas. Tidak hanya profesional, sinergi, dan militan tetapi juga pendekatan-pendekatan yang humanis dan mengutamakan kearifan lokal saat menyelenggarakan operasi SAR.

Namun ini juga bukan hasil kerja kami sendiri, ini meliputi kerjasama antar potensi SAR yang ada di lapangan saat melaksanakan operasi SAR,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, Fazzli, S.A.P pada saat memberikan amanat upacara.

Dalam waktu dekat ini, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang akan mendapatkan kapal baru yaitu Kapal Karna yang akan menjadi alut Basarnas dengan ukuran 40 meter.

Pertimbangan penambahan alut Basarnas Babel tersebut karena pertimbangan Basarnas pusat, laut Bangka Belitung ini merupakan jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang merupakan jalur pelayaran Internasional.

“Eksistensi kita selama ini masih menjadi tumpuan dan harapan bagi masyarakat dalam penyelenggaraan operasi SAR. Kita bekerja sesuai koridor, seperti tertuang dalam amanah Undang-Undang No. 29 Tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan.

“Di dalam undang-undang tersebut tugas utama kita adalah menyelenggarakan operasi Pencarian, Penyelamatan, Pertolongan, dan Evakuasi pada kecelakaan penerbangan, pelayaran , kebencanaan pada tahap gawat darurat, serta kondisi membahayakan manusia yang terjadi di seluruh wilayah negara kesatuan republik Indonesia,” pungkasnya. (Rls)

Editor: Fakih

banner 600250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait