oleh

13 Destinasi Wisata yang Menakjubkan di Kabupaten Bangka Tengah

Penulis: Azzura Gladisya/Mahasiswi ilmu hukum universitas Bangka belitung

Swakarya.Com. Pulau bangka merupakan salah satu pulau terbesar yang dimiliki indonesia dan pulau yang menjadi salah satu permata di dunia pariwisata indonesia pulau yang berada di bagian timur sumatra ini memiliki segudang objek wisata alam yang sangat dikagumi akan keindahannya.

Pulau Bangka di kenal dengan akan daerah penghasil timah dan lada putih terbesar di Indonesia ,memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis . pulau bangka memiliki banyak tempat wisata yang sangat cantik dan menarik untuk dikunjungi , diantara tersebut ada bukit, danau, pantai ,hutan dan lain lain.

Mata kita akan takjub dengan pemandangan alam yang eksotis.

Kaindahan pulau Bangka tidak pernah ada habisnya jika dikunjungi , banyak sekali tempat yang dapat kita jumpai seperti hal nya di Bangka tengah. Bangka Tengah adalah kabupaten yang ada di pulau Bangka dan ibukotanya Koba.

Di Bangka Tengah sendiri merupakan satu dari tujuh kabupaten yang ada di Kepulauan Bangka Belitung yang terkenal dengan keindahan alamnya. lokasinya yang langsung berbatasan dengan laut pun membuat kabupaten yang satu ini memiliki berbagai destinasi wisata yang didominasi oleh pantai yang keindahan alamnya masih terjaga.

Selain wisata pantai, Bangka Tengah juga memiliki hutan unik yang kelestariannya masih terjaga dengan baik hingga saat ini. Berikut tempat wisata yang ada di Bangka tengah :

  1. Bukit Angsa Emas
    Bukit angsa emas merupakan salah satu destinasi wisata alam baru yang menyajikan keindahan alam dari perbukitan dari tanjung gunung. Lokasi bukit berada di Desa Tanjung Gunung, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Bukit ini juga berdekatan dengan Markas Brimob Kepulauan Bangka Belitung. pengunjung akan melewati jalanan menanjak yang cukup menguji adrenalin. Kemudian melintasi jalanan berkelok yang kiri dan kanannya sudah dilengkapi pembatas. Setelah itu, pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di tempat yang telah disediakan. Begitu sampai di atas, pengunjung bisa langsung melihat keberadaan patung angsa emas, berwsafoto di taman sekitar patung, dan momen paling menarik adalah menyaksikan panorama lautan luas dari atas bukit. Tentu saja lokasi ini sangat direkomendasikan untuk menghilangkan penat dan stres.
  2. Hutan Pelawan
    Hutan yang satu ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki hutan lainnya. Hutan Pelawan ini ditumbuhi oleh banyak pohon pelawan, jamur pelawan, dan juga madu pahit. Saat kulit pohon Pelawan ini mengelupas, maka batang pohonnya akan terlihat berwarna merah. Di hutan ini juga terdapat jembatan kayu yang terbuat dari batang pohon Pelawan yang berwarna merah alami tanpa harus dicat. Jembatan ini juga menjadi daya tarik tersendiri dari hutan pelawan ini. saat berada di hutan ini Anda akan merasakan suasana yang asri dan juga merasa tenang dengan suasananya. Lokasi hutan ini di desa Namang, kaecamatan Namang, Bangka Tengah
  3. Gurun Pelawan
    Gurun Pelawan juga merupakan destinasi wisata yang juga tercipta dari bekas pertambangan timah yang tidak lagi digunakan. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Kecamatan Namang, Bangka Tengah. Seiring dengan berjalannya waktu, Gurun Pelawan pun beubah menjadi salah satu tempat wisata yang indah dengan hamparan pasir kemerahan serta gundukan tanah liar yang sudah mengeras membentuk bukit pun membuatnya terlihat seperti gurun.

4. Mangrove Munjang
Mangrove Munjang merupakan wisata hutan mangrove yang terkenal dan wajib untuk di kunjungi. Destinasi wisata yang satu ini sebenarnya sama seperti wisata mangrove lainnya, namun yang membedakan adalah adanya spot-spot foto yang menarik sehingga membuatnya banyak menarik banyak wisatawan. Selain itu, udaranya yang segar pun membuat banyak pengunjung yang ingin menghabiskan waktu yang lama di tempat yang satu ini.lokasi hutan mangrove ini ada di Kurau barat, kecamatan Koba , Bangka Tengah

5. Pulau Ketawai
Pulau Ketawai merupakan salah satu pulau yang tak boleh terlewatkan. Pasalnya disini Anda bisa melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa melepas penyu ke laut, bermain voli pantai disekitar pesisir, atau mungkin hanya ingin menikmati suasana pantai yang memiliki pesona yang sangat indah.

Pulau Ketawai sendiri terkenal dengan ombaknya yang bersahabat. sehingga Anda bisa berenang di pantai dan menghabiskan waktu dengan leluasa di pantai yang masih terjaga kebersihannya ini.


Kegiatan yang paling di sukai oleh para wisatawan di Pulau Ketawai ini adalah kegiatan.pelepasan penyu ke laut. Karena di pulau ini ada penangkaran penyu sehingga kegiatan yang satu ini sangat digemari dan ditunggu-tunggu. Melepas penyu ke laut ini juga membantu kelestarian penyu agar jumlahnya tetap stabil di alam liar.

6. Pulau Gusung Asam
Pulau Gusung Asam yang berlokasi disebelah timur laut Pulau Ketawai. Nama tersebut diambil lantaran pulau yang satu ini terdapat gusung atau gugusan pulau yang muncul akibat adanya sedimentasi saat air laut sedang surut. Jika berbicara soal pemandangan alamnya, pulau yang satu ini akan membuat Anda merasa terpesona dengan panorama laut dan air laut yang berwarna biru bersih.


Selain itu, pasirnya yang berwarna putih eksotis semakin menambah kecantikan gugusan pulau yang satu ini. hingga kini Pulau Gusung Asam ini tetap menjadi sasaran banyak orang yang berkunjung ke Bangka Tengah.

7.Pantai Terentang
Pantai Terentang di Desa Terentang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kini muncul sebagai salah satu destinasi wisata yang mulai diperhitungkan. Daya tarik Pantai Terentang didukung lokasi yang strategis, menarik minat dari kalangan wisatawan maupun para pengendara yang sekadar singgah untuk melepas lelah.

Pantai ini merupakan bagian dari garis pantai timur yang membentang di sepanjang Pulau Bangka. Lokasinya terbilang strategis. Berada persis di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah serta Kabupaten Bangka Selatan.

8. Pantai Sumur Tujuh
Ada sederet pantai indah dengan pemandangan bebatuan dan air laut yang biru di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Namun, ada satu pantai yang menarik perhatian dari sisi historis, yakni Pantai Sumur Tujuh.Dari namanya saja, pasti sudah banyak yang menduga-duga bahwa Pantai Sumur Tujuh ini memang sarat sejarah. Benar adanya bahwa di pantai yang terdapat di ibu kota Kabupaten Bangka Tengah, Koba, itu terdapat tujuh sumur tua yang berderet rapi.

9 Danau Kaolin
Destinasi wisata yang satu ini tercipta berkat adanya bekas galian tambang. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Bangka Tengah. Meski akses menuju Kulong Biru ini tidak terlalu mudah untuk dikunjngi karena lokasinya yang cukup tersembunyi, akan tetapi tempat yang satu ini juga wajib sekali untuk dikunjungi.
Belum ada petunjuk arah menuju Kulong Biru ini karena memang tempat ini belum dikelola sebagai tempat wisata untuk umum.

Akan tetapi banyak orang yang penasaran dengan pesona alamnya. Diberi nama Kulong Biru karena tempat yang satu ini memiliki air yang berwarna biru cerah. Selain itu, gundukan tanah putih semu abu-abu yang mengelilingi danau ini semakin mempercantiknya.

10 Air Terjun Sadap
Bangka Tengah juga memiliki air terjun yang wajib untuk di kunjungi. Namanya adalah Air Terjun Sadap yang berlokasi di Desa Perlang. Meskipun air terjun yang satu ini tak terlalu tinggi, namun keindahan dan pesona alam di sekitar lokasi air terjun ini pasti akan membuat siapa saja merasa tenang dan segar.
Lokasinya yang berada di pelosok pun membuat destinasi yang satu ini akan memberikan Anda cerita yang berkesan. Lokasinya Desa Perlang, Kec. Lubuk Besar, Kab. Bangka Tengah

11 Air Terjeun C2
Wisata air terjun sedang hits di Pulau Bangka. Saat ini masyarakat Bangka mulai mengandrungi wisata air terjun, selain wisata pantai. Sejumlah destinasi wisata air terjun yang ada mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun nasional.
Air terjun C2 salah satunya. Destinasi yang terletak di Desa Lubuk Pabrik, Kabupaten Bangka Tengah ini, kini menjadi tujuan wisatawan. Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 400 MDPL ini, sangat cocok untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama

12 Danau Pading
Danau Pading desa perlang Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Bangka Belitung (Babel). Danau ini relatif sangat memanjakan mata para pengunjungnya. Pemandangan Danau Pading menyuguhkan keindahan yakni berhadapan langsung pada Bukit Perlang yang terletak di hadapannya.

13 Pantai Tanjung Berikat
Pantai tanjung berikat yang berada di desa tanjung berikat, kacamatan lubuk besar, kabupaten bangka tengah , provinsi bangka belitung, jadi surga di ujung pulau bangka. Pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa ini mampu menarik wisatawan lokal maupun internasional. Pantai tanjung berikat ini memiliki garis pantai yang penjang dengan di lapisi butiran pasir yang halus dan bebatuan granit raksasa. berpadu dengan air laut yang jernih membuat pantai ini sangat Cantik dan layak untuk di jadikan tempat berlibur

Tentunya masih banyak bagian dari Pulau Bangka yang belum terjelajahi. Keelokan garis pantainya yang anggun dan eksotis tidak akan pernah membuatmu bosan untuk berkunjung. Segera rencanakan cutimu dan berliburlah ke Pulau Bangka untuk melepas ketegangan dan keresahanmu!***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait