by

Tim Verifikasi Forum Bangka Sehat Tinjau Sekolah Yang Ikut LSS

Bangka, Swakarya.Com. Tim Verifikasi Forum Kabupaten Bangka Sehat dari Kemendagri dan Kementrian Kesehatan didampingi Kepala Bappeda Bangka melakukan peninjauan lokus tatanan sarana dan prasarana sehat yang menjadi nominasi Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional 2019, Rabu (21/8). 

Sementara, untuk kunjungan lokus Forum Bangka Sehat oleh Team Verifikasi Forum Kabupaten Kota Sehat ke PT. Refined Bangka Tin, pihak perusahaan memaparkan upaya keselamatan kesehatan kerja serta kesehatan lingkungan mulai dari kawasan tanpa rokok, Safety talk, safety inductions, termasuk kewajiban penggunaan APD bagi pekerja dengan slogan perusahaan yakni No Hat, No boots no Job. 

Kepala Sekolah TK Amaliyah Sungailiat, Kamisah dan Kepsek SMAN 1 Sungailiat, Efri Rantos menyampaikan bahwa masing-masing sekolah mereka telah melaksanakan UKS serta program kesehatan lainnya yang menjadi penilaian Lomba Sekolah Sehat. Hal itu kemudian mendapatkan apresiasi dari Tim Verifikasi atas upaya yang telah dilakukan. 

Sementara itu, untuk kunjungan lokus Forum Bangka Sehat oleh Team Verifikasi Forum Kabupaten Kota Sehat ke PT. Refined Bangka Tin (RBT), pihak perusahaan memaparkan upaya keselamatan kesehatan kerja serta kesehatan lingkungan mulai dari kawasan tanpa rokok, Safety talk, safety inductions, termasuk kewajiban penggunaan APD bagi pekerja dengan slogan perusahaan yakni No Hat, No boots no Job. 

“Yang tidak menggunakan APD maka tidak akan bekerja,” kata petugas HSE PT RBT, Herman Kartolo.

Ditambahkan dia, untuk upaya kesehatan lingkungan, perusahaan juga secara rutin melakukan pengecekan terhadap emisi cerobong asap serta pembuangan limbah hhingg kerjasama dengan pihak ketiga terkait pengiriman limbah B3.

Team verifikasi yang melakukan peninjauan mengapresiasi upaya pada salah satu lokus tatanan Industri dan Perkantoran Sehat Forum Kabupaten Bangka sehat. 

Team menanyakan lebih lanjut terkait pelaksanaan shift kerja, serta manajemen resiko bahaya terhadap pekerja terutama pekerja yang bekerja di ketinggian dan upaya pencegahan Heat Stress.

Selain itu, verifikator dari Kementerian dalam negeri juga menanyakan terkait jaminan kesehatan para pekerja di perusahaan itu. 

“100% dari 278 karyawan sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan dari mulai masuk kerja,” jawab Herman. 

Pada kesempatan itu juga, Direktur PT RBT menyatakan bahwa PT RBT telah memerima sertifikat ISO 9001, dan Profer Peringkat Biru dari Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. (Lio) 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terkait