Mulkan Imbau Masyarakat Tak Buang Sampah Sembarangan

Mulkan akan buat Perbup untuk atasi masalah sampah, tapi lebih berharap agar masyarakat secara sadar tidak membuang sampah sembarangan

Bangka, Swakarya.com. Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka mengimbau masyarakat daerah ini untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. 

Hal tersebut bertujuan agar lingkungan selalu bersih dan tak sebatas untuk mengejar penghargaan adipura ataupun karena adanya wacana penerapan sanksi bagi pembuang sampah sembarangan.

“Untuk adipura kita fokus penyiapan objek-objek penilaian. Barusan kemarin kita melakukan coffee morning, bahwa ada beberapa objek penilaian tim adipura ini, salah satunya di sini (Hutan Kota Sungailiat),” ungkap Bupati Bangka, Mulkan usai Jumat bersih di Hutan Kota Sungailiat, Jumat (2/8).

Mulkan berencana akan menerapkan Peraturan Bupati guna mengatur sanksi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Walau demikian, ia tidak menginginkan mengedepankan sanksi tetapi lebih meminta masyarakat secara sadar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita akan buat Perbup (untuk sanksi bagi masyarakat pembuang sampah sembarangan). Tetapi kita sebenarnya menginginkan masyarakat ada suatu kesadaran kedepan, kan tempat-tempat sampah sudah kita sediakan,” tegasnya.

Menurutnya, tanggungjawab kebersihan tak hanya ada pada pemerintah daerah tetapi semua lapisan masyarakat. Apalagi dengan lingkungan bersih otomatis akan menyehatkan masyarakat, sebaliknya lingkungan kotor membuat masyarakat tak sehat.

Jadi kami sangat berharap kepada masyarakat kita marilah kesadaran kita lah. Tidak perlu takutnya kalau ada tim atau aturan-aturan, tetapi takutnya pada diri kita lah, bahwa memang sampah tanggungjawab kita, bukan hanya tanggungjawab pemerintah daerah,” matanya. (Lio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait