oleh

Gubernur Erzaldi Harap Para Nelayan Muntok Dapat Memanfaatkan Program KUR

Muntok, Swakarya.Com. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman berbincang dengan nelayan Muntok terkait sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR), di Kawasan Pantai Batu Rakit, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Senin (19/10/20).

Di sini, Gubernur Erzaldi menjawab dan menanggapi pertanyaan yang disampaikan para nelayan tentang mekanisme peminjaman yang akan diajukan untuk memajukan usahanya yang sebelumnya telah disosialisasikan oleh Bank Sumsel Babel.

Dalam penjelasannya, KUR yang digulirkan oleh pemerintah dilaksanakan untuk membantu dan mendorong usaha para melayan khususnya pada masa pandemi Covid-19 dengan harapan program ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para nelayan.

Baca Juga: QRIS Jadi Upaya Nasabah Bank Sumsel Babel Lakukan Transaksi di Masa Pandemi

Saat ini para nelayan yang ingin mengajukan KUR bisa dilaksanakan tanpa menggunakan jaminan/agunan dengan besaran pinjaman di bawah 50 juta rupiah. Hal itu telah dijamin oleh Jaminan Kredit Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Jamkrida) Babel. Untuk bunga KUR yang diberikan pun tergolong ringan, sebesar 6%.

Dengan kemudahan akses yang diberikan, Gubernur Erzaldi yakin para nelayan di Bangka Barat akan memanfaatkan Program KUR ini.

Selain KUR, pertanyaan terkait persoalan yang dihadapi para nelayan pun muncul dan dijawab tegas oleh Gubernur Erzaldi. Salah satunya adalah rencana pembuatan dermaga yang dikolaborasikan dengan pariwisata yang ada serta, bantuan sonar pendeteksi ikan untuk beberapa kelompok nelayan.

Baca Juga: Molen Ingin Bank Sumsel Atasi Perekonomian di Tengah Pandemic Covid-19 Di Kota Pangkalpinang

“Untuk kolaborasi dermaga dan pariwisata, biar nanti diserahkan kepada ahlinya. Namun, para nelayan diberikan kesempatan untuk memberi saran dan masukan agar kolaborasi antara nelayan dan wisata nanti dapat berjalan seiringan,” ungkapnya.

Pada waktu yang bersamaan Gubernur Erzaldi juga menyerahkan secara simbolis kepada dua orang penerima program bantuan rumah layak huni Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tahun 2020.

Ikut mendampingi dalam Sosialisai KUR ini, Pjs. Bupati, Sahirman; Kepala Dinas Sosial Babel, Yanuar; Kepala Dinas Perkim Babel, Rakhmadi; Kepala Kantor Cabang Bank Sumsel Babel Muntok; Camat Muntok; kepala kelompok nelayan; dan para nelayan Bangka Barat.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait