Tim KKN UBB Pelopori Gerakan Penanaman Pohon Buah di Desa Baru

Belitung Timur, Swakarya.com. Tim KKN UBB Desa Baru mempelopori Gerakan Penanaman Pohon Buah secara masal yang ditanam bersama warga setempat, Sabtu (3/8) di Balai Desa Baru, Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Sebelum penanaman dilakukan, terlebih dahulu dilakukan kegiatan sosialisasi yang mendatangkan pemateri yang ahli di bidangnya, yakni Gigih Ibnu Prayoga, S.P, M.P.

Pada kesempatan itu, turut hadir Suminah selaku Sekretaris Desa ditemani perangkat desa lainnya, warga setempat, serta Dosen Pendamping Lapangan Christianingrum, S.Pd. M.M yang memberi dukungan kepada mahasiswanya.

Christianingrum sangat berterimakasih kepada PT. TIMAH tbk yang telah mensupport kegiatan ini dan telah memberikan bantuann sehingga acara ini dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Penanaman pohon secara masal ini diselenggarakan sebagai upaya untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk pertanian dengan pola Kebun Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Veri Antoni L selaku Ketua Pelaksana Kegiatan mengungkapkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang hijau di pekarangan rumah masyarakat di sekitar Desa Baru.

“Sosialisasi yang dilakukan juga memberikan informasi terkait tanaman-tanaman yang dapat dikembangkan di tanah atau lahan yang ada di Desa Baru yang didominasi fraksi pasir seperti tanaman mangga dan tanaman sukun,” tandasnya.

Pada saat pemaparan materi berlangsung, Gigih selaku pemateri menjelaskan bagaimana pemanfaatan lahan secara optimal selain di pekarangan rumah warga.

“Pekarangan yang tersedia apabila dimanfaatkan secara optimal itu tidak hanya pekarangan rumah, akan tetapi bisa pekarangan lainnya seperti halaman sekolah, posyandu, balai desa, dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara itu, Andi Bakar selaku Ketua RT 04 merasa beruntung dengan hadirnya kegiatan yang dipelopori oleh mahasiswa KKN UBB.

“Beruntung sekali bisa berdiskusi secara langsung dengan dosen yang ahli di bidangnya,” ujarnya.

Diakhir kegiatan, dilanjutkan dengan penanaman dua bibit tanaman secara simbolis dan dilakukan pembagian bibit tanaman secara gratis kepada warga-warga yang datang di kegiatan tersebut.

Foto: penanaman pohon di Desa Baru, Belitung Timur

Tanaman yang dibagikan seperti bibit tanaman mangga, durian, klinsutan, sirsak, alpukat, nam-nam dan lain-lain.

Penulis: Tahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait