oleh

KM Sabuk Nusantara 48 Muatan Penumpang Di Periksa BNNK Bangka

Bangka, Swakarya.Com. Badan Narkotika Nasional Kabupaten Bangka melakukan sidak dan pemeriksaan terhadap KM Sabuk Nusantara 48 yang bersandar di pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu, Selasa (27/10) kemarin.

Pemeriksaan yang dipimpin langsung Kepala BNNK Bangka, Eka Agustina didampingi Kepala Syahbandar Tanjung Gudang Belinyu yang membawa muatan penumpang ini membuat para penumpang berikut kru kapal kaget.

Saat berada dilokasi, satu persatu ruangan yang terdapat didalam kapal diperiksa petugas BNNK Bangka namun tidak ditemukan benda mencurigakan seperti narkoba.

Baca Juga: Guru Di Kabupaten Bangka Dikukuhkan Sebagai Penggiat Anti Narkob Oleh BNNK Bangka

“Kegiatan sebelumnya tidak direncanakan. Jadi kegiatan ini hanya inisiatif dan situasional saja dan kami lakukan dengan sesuai prosedur dengan mengedepankan ketaatan hukum yang berlaku,” katanya.

Dikatakan dia, sidak yang dilakukan di pelabuhan Tanjung Gudang ini bertujuan untuk mencegah masuknya narkoba ke daerah ini lewat transportasi laut

“Sidak ini digelar mengingat seringnya pengungkapan dan temuan kasus peredaran gelap narkoba melalui jalur laut dengan berbagai modus. Untuk itu, saya dan tim terjun langsung untuk mencegah peredaran gelap narkoba masuk ke wilayah Bangka khususnya di kecamatan Belinyu,”katanya.

Baca Juga: Pengaruh Pergaulan dan Lingkungan, Klien Rehabilitasi Kembali Terjerumus Menyalahgunakan Narkoba, BNNK Bangka Minta Masyarakat Dukung Program RBM

Ditambahkan dia, saat petugas melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang, sebuah kardus yang diketahui milik salah satu penumpang turut diperiksa karena mencurigakan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, kardus yang di curigai tersebut hanya berisikan buah nanas sebagai oleh-oleh,” katanya.

Lantaran tidak ditemukan benda mencurigakan seperti narkoba, Eka menghimbau kru kapal dan penumpang KM Sabuk Nusantara 48 untuk tidak terlibat akan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Baca Juga: BNNK Bangka Tes Urine 20 Orang Klien Pasca Rehab

“Jika ada penumpang yang tidak dikenal ingin menitipkan barang bawaannya dan mengiming imingi sesuatu, tolong tolak tegas,”imbaunya.

Diketahui, kegiatan sidak dan sosialisasi itu digelar pasca pelaksanaan giat diseminasi informasi P4GN kepada masyarakat di lingkungan kelurahan Mantung, Pelabuhan Tanjung Gudang dan sekitarnya yang berlangsung di ruang tunggu penumpang pelabuhan.

Tampak pejabat yang hadir dalam kegiatam tersebut, Kapolsek Belinyu AKP Ricky Dwiraya Putra, Kasat Resnarkoba Polres Bangka Iptu Irwan Haryadi, lurah Mantung dan camat Belinyu yang masing-masing diwakii oleh Seklur dan Sekcam serta meliputi masyarakat, pengurus kelurahan dan kecamatan, pengawas pelabuhan dan perwakilan ormas yang ada di Belinyu.

Penulis : Lio

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait