KKN PPM 03 UBB di Desa Penutuk, Ikut Lestarikan Ritual Adat Buang Jung di Desa Kumbung

Penutuk, Swakarya.com. Memasuki hari ke lima pengabdian, mahasiswa KKN PPM 03 UBB di Desa Penutuk, Kabupaten Bangka Selatan, menghadiri undangan acara Ritual Adat Buang Jung di Desa Kumbung, Kecamatan Lepar Pongok, Bangka Selatan. Ritual Adat Buang Jung merupakan acara yang diadakan setiap satu tahun sekali secara turun temurun.

Mahasiswa KKN berangkat dari Pulau Panjang sekitar pukul 07.00 wib, ditemani langsung oleh Kepala Dusun Pulau Panjang, Pak Tang.

Tari Sambut menyambut dengan riang kedatangan Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer saat tiba di lokasi acara, dan menjadi penanda akan dimulainya acara.

Justiar Noer dalam sambutannya menyampaikan, bahwa ritual Adat Buang Jung merupakan suatu bentuk kepedulian Tokoh Adat akan kekayaan tradisi dan kebudayaan Bangka Selatan sekaligus menjadi penopang pariwisata Bangka Selatan.

“Ritual Buang Jung juga merupakan sebuah bentuk ucapan syukur kepada Sang Pencipta akan karunia yang telah diterima oleh masyarakat Desa Kumbung,” ungkapnya.

Di akhir kata sambutannya, Justiar berpesan khususnya kepada masyarakat Desa Kumbung, agar jangan sampai malu dengan budaya sendiri.

“Jangan malu dengan budaya sendiri. Ritual Adat Buang Jung merupakan tanggung jawab bersama untuk melestarikan budaya ini dari generasi ke generasi. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal dan menjaga budayanya. Buang Jung menjadi pesona pariwisata Bangka Selatan,” pungkasnya.

Penulis : Samuel C
Editor : Muhammad Kadir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait