Angan-angan Desa Zed Bentuk Posyandu Remaja, Kini Jadi Nyata

Desa Zed, Swakarya.com. Desa Zed bentuk posyandu remaja, Minggu (14/7/19). Posyandu Remaja adalah Pos Kesehatan Remaja atau sebuah wadah yang memfasilitasi remaja dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber dan ditujukkan kepada siswa, remaja pada umumnya yang berusia 10 – 25 tahun, baik laki-laki maupun perempuan dengan tidak memandang status pedidikan dan perkawinan termasuk remaja disabilitas.

Dibentuknya Posyandu Remaja ini pada awalnya bertujuan untuk mendekatkan akses serta meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan bagi remaja.

Kegiatan sosialisasi dan pembentukan Posyandu Remaja di Desa Zed ini turut dihadiri oleh Kepala Puskesmas, Birman, pengelola program posyandu remaja dan 3 (tiga) orang lainnya dari Pengelola Program Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU PTM) Puskesmas Petaling Kecamatan Mendo Barat.

Sama halnya dengan Posyandu Balita dan Posyandu Lansia pada umumnya, Posyandu Remaja ini diselenggarakan 1 (satu) bulan sekali yang terdiri dari pelayanan kesehatan dasar seperti penimbangan berat badan, pengukuran tekanan darah , penyuluhan tentang masalah kesehatan reproduksi remaja, dan permasalahan yang dialami remaja pada umumnya seperti NAPZA, seksualitas, HIV/AIDS dan lain sebagainya.

Adanya program ini diharapkan dapat menstimulasi remaja dalam menghadapi masa puber dengan segala permasalahannya, mulai dari kegiatan bersosialisasi sampai adanya kesadaran untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan mengerjakan apa yang menjadi kewajibannya.

“Alhamdulillah, setelah sekian lama angan-angan pembentukan Posyandu Remaja di Zed, hari ini Posyandu Remaja Desa Zed sudah resmi terbentuk.

Semua ini tidak luput dari dukungan Alm. Bapak Suharjono selaku Kades dan Pemerintah Desa Zed, pihak Puskesmas Petaling serta pemuda-pemudi masyarakat Desa Zed khususnya yang senantiasa mendukung, memotivasi dan menyemangati hingga angan-angan pembentukan Posja ini terealisasikan.

Harapannya dengan adanya Posyandu Remaja di Desa Zed ini, remaja-remaja di Desa Zed bisa rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, menerima asupan informasi serta sharing terkait masalah kesehatan yang sedang di alami.

Satu hal yang harus kita sadari bahwa kebahagiaan terbesar kita tidak tergantung pada harta kekayaan atau situasi hidup dimana kita berada melainkan bergantung pada waktu dan kesehatan kita karena kedua-nya adalah aset berharga bagi kehidupan kita,” jelas Nova Mardiana, Ketua Posyandu Remaja Desa Zed.

Penulis : Gunawan (Kominfo PRM As-Salam Desa Zed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait