by

Jokowi Centre Babel, Desak KEMENKES Kembalikan Status RSUD Sukarno ke Tipe B

Pangkalpinang, Swakarya.com. Turunnya peringkat RSUD Soekarno Babel dari B ke C turut menjadi perhatian Jokowi Centre (JC) Korda Babel.

Mangimpal Lumbantoruan, Sekretaris JC Babel mengungkapkan poin-poin penting dan dampak penurunan pemeringkatan tersebut.

“Sebagai organ relawan Jokowi Centre (JC) Babel, kita menyayangkan penurunan peringkat tersebut karena akibatnya berdampak pada pelayanan medis kepada masyarakat khususnya pasien rujukan,” ungkap Bung Mangimpal. Senin (22/7) kepada Swakarya.com.

Menurutnya, sebagai organisasi masyarakat, kita memandang perlu dan mendesak adanya sinergi dan kerjasama yang solid antara BPJS dan KEMENKES RI dalam hal ini. Sebab yang menjadi “korban” adalah rumah sakit terkhusus pasien rujukan.

“Selama ini kan kita tahu RSUD Sukarno tipe B dimana fasilitas yang ada cukup lengkap. Dan selama ini pelayanan kepada masyarakat pun boleh dikatakan baik,” tandasnya.

“Oleh karena itu, jika RSUD Soekarno turun menjadi tipe C, ini sebuah kemunduran. Kan baru tahun 2018 naik peringkat kok jadi turun?,” tegasnya.

“Kita menghargai hasil review dari KEMENKES yang termaktub dalam KP KEMENKES No.01.07/MENKES/373/2019, tapi kita sebagai masyarakat di Babel kiranya keputusan ini bisa dipertimbangkan kembali mengingat peran strategis RSUD Soekarno sebagai satu-satunya RS rujukan di Bangka,” tambahnya.

“Ya harapan kita KEMENKES mengembalikan status RS ke tipe B. Itu harapan kita demi terciptanya pelayanan medis yang tuntas,” pungkasnya.

Editor : Tahir

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait