Hujan Lebat, Upacara Hari Lahir Pancasila di Bawaslu Babel Tetap Lancar Walaupun…

Pangkalpinang, Swakarya.com. Jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila pada Sabtu (1/6/2019) pagi.

Meskipun sempat diguyur hujan, upacara tetap berjalan dengan lancar walaupun harus dilaksanakan di ruang rapat Bawaslu Provinsi Bangka Belitung.

Firman Taripar Bangso Pardede, Anggota Bawaslu Provinsi Bangka Belitung Divisi Penyelesaian Sengketa, yang bertindak sebagai Pembina Upacara saat membacakan sambutan PLT Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Hariono, menyampaikan Pancasila adalah anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa teruntuk bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa”.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. (Humas Bawaslu Babel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkait