oleh

Didit : Upayakan Meminimalisir Masalah Atas Kenaikan Tarif BPJS

Pangkalpinang, Swakarya.com. Dalam Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Babel yang dilaksanakan di ruang rapat DPRD dengan membahas sejumlah masalah dengan pihak eksekutif termasuk solusi dari eksekutif terhadap naiknya tarif BPJS Kesehatan per-September 2019. Jumat, (30/08/2019).

Didit Sri Gusjaya, selaku Ketua DPRD Babel menanyakan bagaimana tindakan dari Dinas Kesehatan untuk meminimalisir permasalahan yang timbul di masyarakat atas kenaikan tarif ini.

“Kami berkeinginan dari DPRD untuk membantu masyarakat yang tidak mampu terkait kenaikan tarif BPJS Kesehatan ini. Untuk itu kiranya dari Dinas Kesehatan dapat memberikan format yang tepat untuk meminimalisir permasalahan ini dalam masyarakat.” ujar Didit, di dalam forum Banmus diambil dari akun Facebook DPRD Babel.

Sementar itu, bapak Mulyono Susanto selaku Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kep. Bangka Belitung, menjelaskan bahwa Dinas kesehatan saat ini masih belum mengetahui besaran kenaikan.

Namun sudah ada tindakan preventif yang akan dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan yang timbul, seperti pemberian subsidi iuaran kepada masyarakat.

“Saat ini BPJS mensubsidi lebih dari 500 ribu masyarakat Bangka belitung, dan di tahun 2020 sangat berpotensi untuk naik.” jelasnya setelah pertanyaan dilontarkan kepadanya oleh ketua DPRD Babel

Akan tetapi, Menurut Mulyono, Dinas masih perlu tambahan anggaran agar action ini dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan tentu saja dapat meminimalisir permasalahan masyarakat atas naiknya tarif BPJS ini.

“Dengan hitung-hitungan kami untuk BPJS ini, maka anggaran yang perlu ditambah adalah 24M lebih.” tambahnya.

Setelah itu, diakhir Rapat DPRD meminta kepada Dinas Kesehatan untuk merinci kembali berapa angka kenaikan di tiap kabupaten/kota, lalu dilakukan semacam kerjasama 50-50 antara provinsi dan kab/kota untuk menutupi anggaran ini.

“Kita akan panggil Bupati dan Walikota serta BPJS Kesehatan, Dinkes, Dinsos dan Badan Pusat Statistik untuk mencari solusi. Masalah dana, Badan Anggaran yang berdiskusi.” Pinta Didit.

Sumber : Pranata Humas Sekretariat DPRD Babel (Facebook)
Penulis : Tahir

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait