oleh

BNNK Bangka Sidak Lapas Bukit Semut, Ini Hasilnya

Bangka, Swakarya.Com. Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Lembaga Pemasyarakatan Bukit Semut Klas IIB Sungailiat, Jum’at (11/10).

Sebanyak 70 petugas lapas termasuk Kalapas setempat digeledah dan dites urinenya oleh petugas BNNK yang melakukan sidak.

Disela sela penggeledahan dan tes urine berlangsung, Kalapas Bukit Semut, Fauzol mengaku kegiatan tersebut terlaksana atas instruksi Menteri Hukum dan HAM melalui Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) kepada seluruh lapas di Indonesia yang dilaksanakan secara serentak untuk dilakukan tes urine.

“Pelaksanaan tes urine secara mendadak ini dilaksanakan semata dalam upaya pembinaan kepada para petugas lapas yang melaksanakan tugas sebagai salah satu penegak hukum,” katanya.

Dikatakan dia, selama ini lembaga pemasyarakatan sering kali dicap negatif oleh masyarakat terkait peredaran gelap narkoba di lingkungan lapas atau rutan sehingga penggeledahan dan tes urine tersebut perlu dilakukan.

“Hal inilah yang menjadi alasan terlaksananya kegiatan tes urine kepada seluruh petugas lapas di Indonesia, dalam upaya pembuktian kepada masyarakat bahwa Kementerian Hukum dan HAM tidak memberikan toleransi kepada oknum petugas lapas yang terlibat penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba,” katanya.

Lewat kegiatan ini, dia berharap kepada jajarannya untuk ikut ambil bagian dalam memerangi peredaran gelap Narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Bukit Semut.

Sementara, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka Eka Agustina menambahkan, penggeledahan dan tes urine yang dilakukan di LP Bukit Semut itu dilakukan atas permintaan pihak lapas setempat.

“Kami (BNNK) sangat mendukung kegiatan seperti ini, apalagi di lingkungan lapas yang notabene sangat rawan terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Namun hal demikian bisa dicegah, salah satunya dengan cara pelaksanaan kegiatan penggeledahan dan tes urine secara mendadak seperti ini,” katanya.

Eka menambahkan, BNNK Bangka memberikan apresiasi yang sangat besar terkait keberhasilan lapas Bukit Semut Sungailiat yang telah ikut serta dalam mendukung program P4GN.

Dari semua petugas lapas yang kita (BNNK) periksa, tidak ditemukan indikasi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Semua petugas lapas, urinenya bagus, semua negatif narkotika,” katanya.

Tapi menurut dia, BNNK Bangka akan selalu memantau dan berkoordinasi dengan Kepala Lapas terkait pelaksanaan kegiatan serupa yang sewaktu-waktu bisa saja dilaksanakan kembali secara mendadak.

“Tidak hanya kepada petugas namun juga kepada narapidana atau warga binaan di lapas,” katanya. (Lio)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait